Anjing atau kucing memakai baju atau sweater mungkin sudah sering kita dengar dan lihat. Tapi, jika ayam yang memakai baju atau sweater, pernahkah kamu menemukan hal ini Ladies? Kedengarannya mungkin cukup aneh dan unik. Tapi ini benar-benar ada lho.

Dikutip dari laman nypost.com, seorang wanita pensiunan di pinggiran kota Boston telah membuat baju dan sweater rajut khusus buat ayam. Ia membuat sweater tersebut agar ayam-ayam yang ada di Boston bisa merasa lebih hangat dan nyaman saat musim dingin tiba.

Seekor ayam mengenakan sweater rajut | Photo: Copyright nypost.com

Pembuatan sweater rajut ini sendiri dimulai oleh Barbara Widmayer (76) dan rekan-rekannya di klub merajut Fuller Village setelah mereka mendengar kabar bahwa ada ratusan bahkan ribuan ayam menderita sepanjang tahun terutama saat musim dingin tiba. Kabar yang ada menyebutkan jika ayam-ayam dan unggas di sana kedinginan.

Barbara bersama seekor ayam yang memakai sweater rajutnya | Photo: Copyright nypost.com

Beberapa ayam yang ada di Boston diimpor dari negara tropis. Sehingga, saat ayam-ayam itu sampai di sana ayam impor tersebut banyak yang kedinginan dan sakit hingga mati. Beberapa keturunan ayam tertentu bahkan bulunya trondol. Atas peristiwa inilah, Barbara mulai berpikir untuk membuat sweater atau baju untuk ayam.

Barbara mengatakan, “Saya tak pernah berpikir dan bermimpi membuat sweater untuk ayam. Ada banyak hal yang terjadi di dunia. Itu menjadi perdebatan. Saya senang dengan pekerjaan ini. Saya pernah mendengar, tak ada yang lebih baik dan menyenangkan selain bisa membantu mereka yang membutuhkan. Ayam-ayam itu juga membutuhkan sweater ini selama di sini. Saya pikir, hewan juga perlu tempat dan kondisi yang aman, hangat serta menyenangkan.”

Dengan sweater rajut, ayam ini jadi semakin hangat | Photo: Copyright nypost.com

Sejak adanya sweater untuk ayam ini, peneliti hewan khususnya unggas di Boston mengatakan jika produksi ayam yang memakai sweater mengalami peningkatan. Tubuhnya yang semakin hangat juga membuat ayam-ayam tersebut menjadi semakin sehat, terjaga dan terhindar dari stres.
(vemale)