Tak melulu kejadian bencana yang ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tindakan humanis seperti menyelamatkan kucing yang terjebak juga dilakoni para petugas penyelamat tersebut.

Seperti kejadian seekor kucing yang terjebak di dalam sumur di Boyolali. Mendapat laporan dari masyarakat, tim BPBD Boyolali langsung bergerak melakukan penyelamatan.

Sigapnya Tim BPBD Boyolali Selamatkan Kucing yang Tercebur ke Sumur

“Kali ini, Tim Reaksi Cepat BPBD Boyolali menangani evakuasi kucing yang kejebur ke sumur,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BPBD Sutopo Purwo Nugroho kepada detikcom, Sabtu (10/3/2018).

Sutopo mengirimkan video detik-detik penyelamatan kucing warna hitam itu. Salah satu dari Tim Reaksi Cepat BPBD Boyolali terjun ke sumur mengenakan pengaman sambil membawa kotak berwarna oranye.

Setelah menyentuh air di sumur, petugas itu mendapati si kucing bersembunyi di dalam dinding sumur yang berlubang. Tak lama kemudian, sekitar 1 menit, kucing itu bisa dievakuasi ke dalam kotak oranye itu.

Si kucing tampak basah saat dievakuasi. Suara ‘meong’ mengiringi proses evakuasi kilat itu menandakan si kucing baik-baik saja.

“Saat ini BPBD menangani berbagai masalah yang ada di masyarakat. Bukan hanya masalah bencana, tapi hal-hal yang terkait masyarakat sering mereka minta bantuan kepada BPBD seperti menangani sarang lebah, ular masuk ke rumah, sapi hilang, orang bunuh diri, orang hanyut, evakuasi kucing, musibah atau kecelakaan, dan lainnya. Tim Reaksi Cepat BNPB bersama relawan yang cepat membantu masyarakat menyebabkan masyarakat merasa terlindungi dan terbantu,” ujar Sutopo.
(detik)