Melemparkan koin di kolam atau air mancur sebuah lokasi wisata merupakan sebuah tradisi yang dipercaya sebagai sebuah pertanda datangnya keberuntungan. Namun siapa sangka jika hal itu bisa membunuh satwa yang tinggal di dalam kolam. Hal menyedihkan itulah yang terjadi di Thailand.

Dilansir dari Reuters, penyu laut bernama Omsin harus dioperasi karena di dalam perutnya ditemukan ratusan koin. Bahkan Dokter telah menemukan 915 koin uang dengan berbagai nominal di dalam perut penyu yang tinggal di pusat konservasi di Sriracha, Chonburi, sebelah timur Thailand ini.

Koin-koin seberat 5 kilogram tersebut tertelan olehnya, karena para pengunjung kerap melemparkan koin ke dalam kolam tempat ia tinggal. Akibat koin-koin tersebut, Omsin yang berbobot 59 kilogram ini kesulitan bergerak ataupun berenang.

Dokter hewan pun melakukan operasi pengangkatan koin dari tubuh penyu yang berusia 25 tahun itu pada Senin, 6 Maret waktu setempat. Operasi tersebut adalah operasi pertama di dunia untuk pengangkatan koin dari tubuh penyu laut.

Belum diketahui berapa jumlah nominal koin-koin yang diangkat dari tubuh Omsin. Pasalnya, sebagian adalah koin yang sudah tidak dikenali, dan sebagian telah berkarat yang dikhawatirkan membuat perutnya terinfeksi. Omsin pun membutuhkan waktu satu bulan untuk benar-benar pulih.
(wowkeren)