Bingo (5 tahun), labrador jantan berwarna hitam menjadi salah satu andalan Jakarta Rescue dalam melakukan upaya pencarian dan penyelamatan. Namun, lantaran sigap dan jago berenang, anjing ini juga kerap menceburkan diri ke dalam air begitu melihat orang berenang.

Aksi kocak Bingo ini terus diingat oleh Hera, pelatih Bingo. Wanita berjilbab ini menuturkan, Bingo memang memiliki insting yang cukup mumpuni. Saat dibawa jalan sore menuju danau, misalnya, Bingo bisa langsung berlari dan menceburkan diri ke danau. “Padahal, orangnya lagi berenang. Pokoknya dia kalau melihat orang di air, dikiranya tenggelam, jadi dia langsung nyebur dan menyeret orang itu,” ujar Hera saat ditemui di sela-sela acara HUT ke-42 Badan SAR Nasional di Pelabuhan Merak, Selasa (4/3).

Bingo bahkan pernah berupaya menyelamatkan Indra Bekti dan seorang jurnalis televisi yang pura-pura tenggelam di dalam air hanya untuk melihat aksi Bingo. Kemampuan Bingo ini pernah dimanfaatkan untuk upaya pencarian korban banjir di Bogor pada 2013 dan jembatan roboh di Ciampea pada 2012.

Seperti anjing-anjing penyelamat lain, Bingo sudah dilatih sejak usia bulanan. Sejak kecil ia memang suka bermain air, sehingga dia dilatih khusus menjadi anjing penyelamat di air.

Jakarta Rescue selama ini melatih anjing-anjing penyelamat yang dihibahkan dari Amerika Serikat dan Inggris. Jakarta Rescue sudah didirikan sejak tahun 1968 dan kemudian komunitas ini digandeng Basarnas sebagai mitra kerja.
by. Sabrina Asril