Petugas penjaga satwa India menangkap 18 singa serta mengadilinya karena diduga memangsa tiga orang. Langkah yang diambil petugas tersebut dianggap tidak konvensional.

Penangkapan ini dilakukan menyusul adanya enam serangan yang dilakukan singa-singa Asiatic di dekat tempat konservasi Gir, Gujarat, India.

Rencananya singa yang dinyatakan bersalah akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di satu kebun binatang, sementara sisanya akan dilepas kembali ke kawasan konservasi tersebut.

Diduga mangsa manusia, 18 singa India ditangkap dan diadili

Pejabat Gujarat, JA Khan, menjelaskan singa-singa tersebut ditahan selama dua bulan terakhir dalam kandang yang berbeda. Tujuannya untuk menentukan mana singa yang memangsa manusia.

“Kami sepertinya sudah bisa menentukan singa mana yang bersalah, tapi kami masih melakukan uji terhadap sembilan singa lain untuk menguatkan kesimpulan kami,” kata Khan, seperti dikutip dari metro.co.uk, Selasa (14/6).

Uji coba yang dilakukan ini mencakup tes terhadap kotoran singa. Hal ini diungkapkan langsung oleh pakar hewan liar Ruchi Dave kepada BBC.

“Para petugas juga meneliti perilaku hewan. Singa yang memakan manusia biasanya langsung agresif begitu melihat orang,” pungkasnya.

Diperkirakan serangan terhadap warga antara lain didorong oleh bertambahnya populasi singa di kawasan konservasi itu.
(merdeka.com)