Sebagian orang mungkin tak begitu bergairah merayakan ulangtahun yang ke-50. Namun bagi Cerro, kura-kura raksasa yang merupakan salah satu penghuni paling lama di kebun binatang Perth Zoo, ulang tahunnya itu dijalani dengan penuh semangat.

Cerro Si Kura-kura Raksasa di Perth Zoo Rayakan HUT ke-50
detik

Dengan berat badan lebih dari 200 kg, usia Cerro yang 50 tahun masih dianggap muda, mengingat jenis kura-kura asal Kepulauan Galapagos ini ada yang usianya mencapai 175 tahun.

Perth Zoo merayakan HUT Cerro ke-50 pada hari Senin (19/9/2016) dengan kue ulangtahun yang khusus dibuat dari makanan kesukaannya, yaitu semangka, kiwi, labu dan stroberi.

kura-kura dua.jpg
detik

“Kura-kura ini tak memiliki indra penciuman yang bagus, sehingga mereka menggunakan matanya untuk mencari makanan,” jelas penjaga kebun binatang, Emily Trainer.

“Cerro tertarik pada segala yang merah; dia suka makanan yang penuh warna,” kata Emily.

Dia mengatakan Cerro adalah kura-kura yang kurang dominan dibandingkan seekor kura-kura Galapagos lainnya yang ada di Perth Zoo.

“Kecuali jika ada makanan di sekitarnya – dia lalu lebih cepat sedikit guna memastikan dia yang makan duluan,” jelasnya.

“Cerro cenderung menjalani hidup yang tenang dan malas,” kata Emily. “Jika tidak sedang makan, dia akan berenang di kolamnya, bermain di kubangannya, dan dia juga sangat pintar makanya kami juga lakukan sesi latihan dengannya.”

Cerro sebenarnya lahir di kebun binatang San Diego Zoo dan tiba di Perth dengan saudaranya yang lebih muda bernama Sierra di tahun 2005.

Meskipun HUT-nya dirayakan karena usianya yang telah mencapai setengah abad, namun perjalanan Cerro masih panjang serta berupaya menyamai kura-kura Galapagos lainnya yang ditemukan di kebun binatang di California, bernama Diego.

Diego, yang berusia 100, sendirian berhasil memulihkan populasi spesiesnya di pulau asalnya di Espanola pulau paling selatan di Kepulauan Galapagos setelah membuahi kelahiran hampir 800 ekor keturunan.
(detik.com)