Sebuah arena ice skating di Kitakyushu, Jepang baru-baru ini menuai kontroversi. Untuk menarik minat para pengunjung, arena bermain Space World memutuskan untuk membekukan 5 ribu ikan di bawah es untuk menjadi hiasan dengan judul “Freezing Port-Ice Museum”.

Awalnya, warga menyambut baik promosi Space World karena mengatakan menjadi yang pertama di dunia. Arena yang dibuka sejak 12 November lalu itu pun dibanjiri pengunjung. Namun sejak salah satu stasiun TV membahas ikan-ikan yang mereka gunakan, netter langsung memberikan kritikan.

Tak hanya ikan yang biasa dikonsumsi, mereka juga menggunakan binatang laut lain seperti kepiting dan kerang yang disusun sedemikian rupa agar terlihat apik. Meski terlihat indah, warga sangat menyayangkan karena taman bermain ini juga menggunakan binatang laut yang lebih besar dan dilindungi seperti hiu dan ikan pari.

Netizen yang kecewa menyampaikan kekesalan mereka melalui akun Facebook resmi Space World dan menyebut mereka terlalu kejam. Meski demikian, pihaknya memastikan bahwa ikan itu dibeli dalam keadaan mati dan diawetkan melalui pasar yang resmi. Namun publik terus mengecam mereka.

“Kamu bahkan tak punya hati untuk memulai even seperti itu,” tulis seorang netizen. “Bagaimana ikan yang dibekukan ini bisa digunakan untuk menarik pengunjung? Ini sangat mengejutkan jika sudah biasa di lakukan di Jepang … Ini adalah yang terburuk,” tulis yang lainnya lagi.

Dengan kecaman tersebut, Space World memutuskan untuk menutup wahana itu pada 27 November. “Kami benar-benar meminta maaf untuk orang-orang yang merasa terganggu dengan event akuarium es ini. Jadi kami harus menutup even ini mulai sekarang,” tulis pernyataan resmi Space World.
(wowkeren)