Puluhan anjing dan kucing terlantar di sebuah penampungan di Gunung Sindur, Bogor. Ada sekitar 20 aktivis penyayang binatang yang mendatangi lokasi di Jl Atma Asnawi itu.
Para aktivis dari Dogatar Indonesia, House of Stray, serta aktivis lainnya termasuk dokter hewan ramai-ramai merapat ke Gunung Sindur. Mereka mendapat kabar, ada penampungan anjing dan kucing yang sudah tidak terawat.

Begini Operasi Penyelamatan Puluhan Anjing dan Kucing di Gunung Sindur

Pemilik penampungan itu, seorang ibu berinisial R sudah meninggal beberapa lama. Anjing dan kucing yang dia rawat di tempat itu tak ada yang mengurus. Pada Senin (14/3) para aktivis menyambangi tempat ini dan menemukan 14 ekor anjing mati. Anjing-anjing itu sudah dipenuhi belatung dan kemudian dikuburkan.
Pada Selasa, (15/3/2016) dilakukan operasi penyelamatan besar-besaran. Ada 24 kucing serta belasan anjing yang diselamatkan ke klinik.
“Kita masuk ke lorong sebelah kanan, anjing sudah banyak yang sudah kehausan, kakinya luka-luka. Dengan adanya belatung yang di sana, kandang bercampur pup dan kencing yang sudah kering,” jelas Meiliana, aktivis dan dokter hewan yang ditemui di lokasi.

Lokasi itu memang cukup terpencil. Dari kawasan Puspitek terus masuk menelusuri jalan. Hingga sampai di lokasi dengan pepohonan di sekitar. Di dalam lokasi itu banyak terdapat kandang-kandang yang berisi anjing dan kucing.
“Ada dari mereka yang masih punya nafsu makan, ada juga yang lemas dan nggak ada nafsu makan jadi kita cekokin madu. Kita harapkan masih bisa ditolong, malnutrisi parah mereka kondisinya. Selama mereka masih bisa berjalan, masih bisa menggoyangkan buntut, itu masih ada harapan,” urai Meiliana.
(detik.com)