Ronene Ando kaget dan terbangun sekitar jam satu dini hari oleh gonggongan pit bull miliknya yang berusia 3 tahun.

Ando membujuk Ruby, anjingnya, untuk kembali tidur, namun ia tetap gigih menggonggong terus. Sambil duduk di dasar tangga, Ruby tetap berisik dan akhirnya membuat Ando turun dari tempat tidurnya.

Ruby tidak pernah bersikap seperti ini, terlebih ia adalah anjing bersertifikat yang pernah mengikuti pelatihan bersikap tenang di Buffalo, New York.

Ando mulai sadar ada yang tidak beres pada saat itu. “Kami tinggal di jalan yang terpencil dan buntu,” kata Ando sebagaimana dilansir Fox News (24/1). Entah bagaimana, Ando berhasil membujuk anjing yang terengah-engah itu ke atas dan membuatnya berbaring.

Tapi dalam beberapa menit, Ruby kembali gelisah dan berlari menuruni tangga. “Tingkah aneh Ruby berlangsung sekitar satu setengah jam, saya tahu bahwa jenis anjing ini cerdas, mereka tidak menyalak tanpa alasan,” ucapnya.

Ando kemudian mengikuti suara gonggongan Ruby yang menuntunnya ke luar pintu garasi. “Saya membuka pintu garasi dan bisa mencium sesuatu,” Ando menjelaskan.

“Baunya seperti propana,” lanjutnya. Benar saja, Ando melihat pemanas propana di sudut garasinya bocor. Jika dia menunggu lebih lama lagi, Ando mengatakan bahwa dia dapat keracunan karbon monoksida.
(intisari)