Petugas satwa liar Thailand memindahkan 130 ekor harimau dari sebuah kuil Budha di Provinsi Kanchanaburi, Thailand. Harimau-harimau itu dipindahkan ke taman satwa di dekat kuil.

Para petugas membius harimau-harimau dengan menggunakan senapan bius untuk memudahkan pemindahan hewan liar tersebut. Direktur Kantor Konservasi Alam Thailand Teunjai Noochdumrong mengatakan tiga ekor harimau telah dibius dan dipindahkan pada Senin, 30 Mei 2016. “Dalam sebuah operasi selama seminggu yang melibatkan seribu petugas,” ucap Noochdumrong, seperti dikutip BBC, Selasa, 31 Mei 2016.

Sebelumnya, harimau-harimau tersebut menjadi tujuan para wisatawan kuil untuk berfoto. Dari kunjungan wisatawan itu, kuil tersebut menghasilkan lebih dari US$ 5 juta atau sekitar Rp 68 miliar setiap tahun.

Terkait dengan hal itu, para pegiat binatang menuduh telah terjadi perdagangan gelap bagian tubuh harimau. Mereka juga menyatakan harimau-harimau itu dipukuli menggunakan tongkat dan dikendalikan dengan memasangkan rantai pendek pada hewan itu.
(tempo.com)