Tak hanya tubuhnya terluka, namun kondisi Violet pun sangat menyedihkan. Anjing jenis english mastiff yang biasanya berbobot 58-99 kg, Violet yang diperkirakan berusia 4 tahun itu hanya memiliki berat badan 25kg saja. Saat itu seseorang melihat Violet dibuang dari dalam mobil yang sedang berjalan di kawasan Callahan Road, Clinton, Maryland. Lalu Violet segera ditolong dengan menghubungi petugas Prince George’s County Animal Control, sekaligus melaporkan tindak kekerasan yang dilakukan pemilik Violet.

Dari situ kemudian Violet dipindahkan ke penampungan hewan Mutts Matter, untuk mendapatkan perawatan atas luka yang ia derita, termasuk memulihkan kembali kondisi fisiknya yang kurus kering. Namun bukan persoalan mudah untuk membentuk kembali tubuh Violet, karena kondisi tersebut disinyalir telah berlangsung lama, sehingga mempengaruhi kinerja organ tubuhnya. Selain itu, Violet diduga telah berkali-kali melahirkan tanpa mendapatkan perawatan semestinya.

Saat ini Violet tinggal di Haymarket, Virginia, bersama ibu asuhnya, Debbie Gretz yang memerhatikan perkembangan kesehatan Violet juga memulihkan mentalnya. Violet harus makan perlahan dan cukup sering, ia juga kembali harus belajar berjalan karena keempat kakinya cedera setelah dilempar dari mobil. Sampai sekarang Violet masih dalam masa pemulihan, sehingga belum dapat diadopsi. Namun satu hal yang bisa dipastikan, Violet tak akan lagi merasakan mimpi buruk yang pernah ia alami. Sebaliknya, hidup Violet akan penuh cinta yang mungkin belum pernah ia rasakan sebelumnya.