Di kebanyakan negara maju, seperti Amerika, anjing sangat istimewa. Mereka sudah menjadi bagian dari keluarga dan berada dalam kehidupan manusia dengan perlindungan hukum. Namun tidak di tempat lain, seperti di sebuah desa terpencil di Irlandia. Sebuah organisasi yang memberikan perlindungan terhadap hewan, The Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA) , menemukan seekor anjing bernama Lambert yang dirantai di halaman dan dibiarkan kehujanan serta berkubang dalam lumpur.

dog

Di desa tersebut, anjing dipelihara untuk membantu pekerjaan pemiliknya di bidang pertanian. Mereka diberi makan, namun selebihnya anjing diikat agar tidak kabur untuk bekerja lagi esok hari. Sering kali mereka tak memiliki kandang, hanya ditempatkan di halaman belakang rumah atau gudang seperti Lambert. Pihak SPCA menyebutkan petani pemilik Lambert lebih menyayangi traktor ketimbang anjingnya.

dog

Saat dipertanyakan soal pemeliharaan Lambert, baik sang pemilik maupun kerabatnya yang berada di sana sangat minim pengetahuan tentang anjing. Mereka nyaris tak mengetahui hal-hal mendasar seputar pemeliharaan, selain mengurus anjing seperti hewan ternak yang hanya diberi makan. Untungnya mereka tak bersikukuh memelihara Lambert, sehingga anjing tersebut akhirnya dibawa ke penampungan.

dog

dog

Untuk pertama kalinya, Lambert bersosialisasi dengan manusia dalam bentuk hubungan yang berbeda. Ia mulai mengenal kasih sayang, bahkan Lambert juga dikenalkan pada anjing lain sebagai temannya bermain. Perlahan Lambert memahami akan arti kebahagiaan, tak jarang ia melompat gembira dan merasakan berlari bebas tanpa tali kekang. Tubuh Lambert juga semakin sehat.

dog

dog

Pada saatnya nanti Lambert telah pulih secara fisik dan mentalnya, sebuah keluarga akan menjemput Lambert untuk tinggal bersama. Dimana Lambert akan menjadi bagian dari keluarga, hidup terlindung dari panas dan hujan, serta selalu terjaga dalam kasih sayang.

dog