Para pekerja di daerah Kennesaw, Georgia, rajin memberi makan seekor anjing yang hidup dalam hutan kecil di belakang kantor mereka. Tak hanya makanan, anjing yang dipanggil Shelby itu juga mendapat mainan. Meski demikian Shelby tak pernah mau keluar dari hutan. Ia terlalu takut berdekatan dengan manusia. Shelby hanya menghampiri makanan dan mainannya bila tak ada seorang pun di sekitarnya. Diduga Shelby memiliki trauma atas pemeliharanya terdahulu, hingga ia dibuang di hutan.

photo. Friends to the Forlorn

Kondisi hutan yang cukup aman dan terlindung, serta kenyamanan Shelby tinggal di sana membuat orang-orang berhenti membujuknya untuk keluar dari hutan. Sampai tak terasa sudah 2 tahun Shelby menjadi penunggu hutan.

Photo. Friends to the Forlorn

Namun beberapa minggu lalu orang-orang yang peduli pada Shelby mulai khawatir, pasalnya hutan tempat Shelby tinggal akan dijadikan lahan. Mereka kemudian menghubungi Jason Flatt, pendiri Friends to the Forlorn Pitbull Rescue, untuk menolong. Ternyata Flatt juga pernah mencoba membujuk Shelby keluar hutan sekitar setahun lalu, namun Shelby tak menanggapi. Situasi hutan dan kepedulian orang di sekitar Shelby membuat Flatt lebih mengutamakan menolong anjing malang lainnya. Sampai situasi mengancam kesejahteraan Shelby.

Photo. Friends to the Forlorn
Photo. Friends to the Forlorn

Flatt kembali mendatang untuk membujuk Shelby keluar dari persembunyian sekaligus “rumah”nya selama ini. Hari pertama, Shelby tetap tak mau mendekat. Di hari kedua pun demikian. Baru di hari ketiga, Shelby memutuskan untuk keluar dari hutan. Seolah tahu bahwa sebentar lagi hutan tak bisa melindunginya, Shelby juga menyadari bahwa sang pemilik tak akan mungkin datang untuk membawanya pulang. Flatt dan semua orang yang mengenal Shelby, bersorak bahagia menyambut anak kaki empat itu melangkah keluar hutan menuju ke pelukan Flatt.

Photo. Friends to the Forlorn

Kondisi Shelby dinyatakan dokter cukup sehat, meski membutuhkan perawatan dan vaksin. Namun patah hati Shelby atas perlakuan manusia di masa lalu, membutuhkan terapi lebih serius. Maka Flatt bersiap diri menjadi pendamping Shelby, hingga anjing berbulu coklat itu kembali mampu percaya akan kasih sayang manusia. Tak peduli berapa banyak waktu yang dibutuhkan Shelby, Flatt berjanji akan selalu setia berada di sisinya.

Photo. Friends to the Forlorn