Dalam 6 tahun belakangan, sekitar 200 anjing tak diinginkan didapati berkeliaran atau tewas di kawasan Fort Worth, Texas. Maka ketika Judy Obregon berkendara melewati Echo Lake Park di Fort Worth, Texas, dan melihat seekor anjing berbulu coklat tergeletak di pinggir jalan, ia beranggapan anjing tersebut telah tewas. Namun tiba-tiba Judy terkejut, anjing itu menggerakan kepala! Benar saja, saat Jucy menepi dan menghampiri ternyata anak kaki empat itu masih hidup namun kondisinya sangat lemah.

THE ABANDONED ONES

Kebetulan Judy adalah pendiri organisasi penyelamat anjing The Abandoned Ones, maka ia segera mengangkat anjing tersebut ke dalam mobil. 30 menit kemudian anjing yang dipanggilnya Mercy itu mendapatkan pertolongan medis. Judy merasa bersyukur Mercy berusaha keras menggerakan kepala saat ia melintasinya, sehingga Judy mengetahui jika Mercy masih hidup. Di perjalanan pun Mercy meletakkan satu kaki depannya di tangan Judy, seolah ingin mengucapkan terima kasih.

THE ABANDONED ONES

Sesampai di klinik hewan Creekside 24-Hour Pet Care, diketahui bahwa Mercy tak mampu menggerakan kedua kaki belakang. Beberapa luka juga ditemukan di tubuh Mercy yang diduga mengalami kecelakaan, serta kekerasan. Namun Mercy masih ingin hidup, ia tetap berusaha mencari pertolongan meski kondisi fisiknya telah lemah. Perjuangan Mercy berhasil “memanggil” Judy, hingga ia akhirnya terselamatkan.

THE ABANDONED ONES

Ketika paramedik memberi kursi roda untuk membantu Mercy berjalan, ia menolak. Mercy memilih untuk beristirahat di kandangnya, sampai keesokan hari para petugas klinik dikejutkan dengan upaya Mercy berdiri dan berjalan! Bahkan ketika beberapa hari kemudian Judy mengunjunginya, Mercy dapat berjalan menghampiri Judy seraya mengibas-ibaskan ekor tanda bahagia.

THE ABANDONED ONES

Kini Mercy berada di rumah orang tua angkatnya, seorang petugas klinik Creekside yang begitu peduli pada Mercy. Dalam beberapa waktu ke depan, Mercy akan berada di daftar adopsi sebagai anjing yang sehat dan kuat. Mercy telah menunjukan betapa dirinya mencintai kehidupan, seperti yang akan ia lakukan untuk mencintai keluarga barunya kelak.

THE ABANDONED ONES