Usia Pratima Devi sudah tak muda lagi, ia berumur 65 tahun. Namun di usia senjanya, Pratima mampu membagi kehidupan bagi 400 ekor anjing liar di sebuah pondok kumuh miliknya di New Delhi, India. Sebanyak 120 anjing hidup bersamanya, sementara sisanya sering tampak bermain di sekitaran dan akan berdatangan ketika jam makan siang tiba.

Source: Barcroft TV - YouTube

Pratima memang tidak mungkin memberi tempat tinggal pada seluruh anjing yang ia tolong dari jalanan. Kehidupan Pratima sangat miskin, bahkan atap terpal penutup tempat tinggalnya pun sudah robek dimakan usia, sehingga tak sepenuhnya mampu melindungi dari curahan hujan. Tetapi Pratima mengaku sangat bahagia, terlebih bila melihat semua anak kaki empat yang datang ke rumahnya dapat makan dengan cukup.

Belakangan nenek yang selalu bangun pukul 4 pagi guna menyiapkan makan pagi buat anjing-anjing ini, mendapatkan sumbangan untuk membetulkan tempat tinggalnya. Termasuk bantuan makanan anjing, bila ada sedikit rejeki Pratima tak segan menggunakan uangnya untuk memberi vaksin dan vitamin bagi anjing-anjing. Setiap hari Pratima baru akan tidur selepas jam 11 malam, setelah selesai jam makan malam bagi mereka. Seorang pemuda berumur 18 tahun, Viviek, dengan senang hati membantu Pratima menyiapkan keperluan bagi ratusan anjing di sana.

Source: Barcroft TV - YouTube

Meski Pratima membutuhkan bantuan rutin serta tempat yang lebih besar, tetapi ia tak mau hanya menunggu semua itu terwujud. Dalam ketiadaannya secara materi, Pratima meyakini bahwa cinta akan membawa kesejahteraan dan kebahagiaan pada mereka. Keyakinan tersebut membuat Pratima dan 400 ekor anjing yang ditolongnya mampu hidup hingga saat ini, dalam keadaan apapun.