Sejak diselamatkan dan menghuni penampungan Gibson County Animal Shelter di Trenton, Tennessee, anjing berbulu putih bernama Niya tak pernah mau keluar dari kandang. Ia selalu merunduk dengan ekor diantara kedua kakinya. Niya begitu takut berhadapan dengan siapapun yang menghampiri.

dog-niya-rescue-1
ARROW DOG RESCUE

Sebelum berada di penampungan, Niya sebenarnya telah mendapatkan impian semua anjing yakni memiliki rumah. Namun ironisnya rumah Niya tak memberikan impian sesungguhnya, bukan kasih sayang yang ia peroleh melainkan penderitaan. Niya mengalami kekerasan dan penyiksaan sampai akhirnya ia ditolong.

Tak mudah bagi Niya untuk move on dari pengalaman buruk hidupnya. Kimberly Slown dari Arrow Dog Rescue rupanya memerhatikan keberadaan Niya, dan Slown mengetahui bahwa Niya menderita selama ini. Kondisi tubuh Niya menunjukkan bahwa ia sering dipukuli dan tidak dirawat, sehingga Niya mengidap penyakit akibat cacing berkembang biak dalam tubuhnya.

ARROW DOG RESCUE

 

Slown memutuskan untuk membawa Niya ke rumahnya. Di sanalah Niya akan mengenal rumah dan keluarga sesungguhnya, dimana kehangatan dan kasih sayang seharusnya dirasakan Niya sejak dulu.

Di hari pertama, Niya tetap bersikap sama seperti saat ia berada di penampungan. Niya bersembunyi dan merunduk saat dihampiri. Slown tidak memaksakan Niya untuk segera beradaptasi, bahkan saat Slown menyediakan tempat tidur bagi Niya pun Slown tak meminta Niya untuk menggunakannya, termasuk mainan dan segala kebutuhan Niya. Slown membebaskan Niya untuk merasa nyaman dengan kehidupan barunya saat ini.

dog-niya-rescue-3
ARROW DOG RESCUE

Namun ternyata tak perlu waktu lama bagi Niya untuk memercayai Slown sebagai manusia yang penuh kasih sayang. Keesokan harinya, Slown mendapati Niya terbangun dari tempat tidur yang disediakan untuknya, bahkan menyambut Slown seolah berterima kasih. Beberapa hari kemudian sikap Niya semakin hangat, ia membuka diri, tak lagi menyembunyikan ekor diantara kakinya.

dog-niya-rescue-4
ARROW DOG RESCUE

Meski kondisi kesehatan Niya masih belum benar-benar pulih, tetapi sikap Niya sudah sangat berubah. Ia mampu belajar untuk menerima kasih sayang dan memercayai bahwa manusia adalah sahabat terbaik baginya, ia juga memaafkan masa lalu untuk menyongsong masa depannya yang sangat bahagia.

dog-niya-rescue-2
ARROW DOG RESCUE