Saat kepulan asap hitam menyebar dalam gedung, Jean Favini, ketua penyelamatan hewan Oasis for Animals di Langley Washington, langsung mengambil tindakan. Gedung tersebut adalah tempat para kucing yang telah diselamatkan tinggal, ada sekitar 24 kucing di sana dan kebanyakan adalah anak kucing. Mereka semua berada dalam bahaya. Tanpa Jean, kucing-kucin tersebut akan tewas terpanggang.

Courtesy of Jean Favini of Oasis For Animals

Api menjalar dari lantai atas, berasal dari microwave yang terbakar. Jean bisa saja menyelamatkan diri saat itu, tetapi ia tidak memikirkan dirinya sendiri. Puluhan anak kaki empat ada di sana, dan membutuhkan pertolongan dengan segera. Maka setelah menghubungi 911, Jean tak mau menunggu datangnya bantuan. Dengan gagah berani ia mengeluarkan kucing-kucing tersebut.

Courtesy of Jean Favini of Oasis For Animals

Saat itu Jean langsung membasahi handuk, lalu ia gunakan untuk menutupi kepala serta mulutnya. Jean melindungi diri agar aman dari api, serta mencegah asap beracun masuk ke paru-parunya. Pihak 911 berkali-kali meminta Jean untuk berada di luar gedung, demi keselamatannya. Namun Jean melihat asap begitu tebal, terlambat 1 menit saja akan sulit untuk melihat kucing-kucing itu dalam asap hitam di sekeliling.

Courtesy of Jean Favini of Oasis For Animals

Jean sempat terperanjat melihat beberapa anak kucing terbaring di lantai, ia berpikir bahwa mereka tidak akan bertahan hidup. Namun Jean tetap merengkuhnya lalu berlari membawa keluar gedung seraya menutup wajah kucing guna mencegah mereka menghirup asap. Upaya Jean mendapat bantuan dari sang suami serta pemadam kebakaran setelah tiba di lokasi.

Courtesy of Jean Favini of Oasis For Animals

Perjuangan Jean tak sia-sia, seluruh kucing yang berjumlah 24 ekor berhasil dibawa keluar gedung. Betapa bahagianya Jean ternyata kucing-kucing itu selamat, meski beberapa ada pula yang terluka. Namun 14 ekor diperbolehkan pulang keesokan harinya. Aksi heroik Jean mendapat simpati banyak orang, terutama para penyayang hewan. Sementara bagi kucing-kucing yang tertolong, Jean telah menyelamatkan nyawa mereka dua kali, sejak mereka terselamatkan dari keterlantaran di jalanan. Terima kasih Jean.

Courtesy of Jean Favini of Oasis For Animals