Ketika kisah tentang kucing berumur 4 bulan bernama Dasha diberitakan oleh Baltimore Animal Rescue Care Services (BARCS) di Maryland, tempat dimana ia kini tinggal, begitu banyak orang bersimpati padanya. Banyak diantaranya mengaku sedih melihat Dasha berjalan sambil menyeret-nyeret kaki belakangnya, yang memang tak dapat digerakan akibat Dasha mengalami kelumpuhan dari pinggang ke bawah.

Juru bicara BARCS, Bailey Deacon, mencoba meluruskan pandangan masyarakat terlebih penyayang hewan terhadap Dasha dengan menceritakan keseharian Dasha di penampungan. Dasha adalah kucing manis dan sangat suka bermain, ia juga tak pernah malu berada di sekitar manusia. Dasha sangat ramah serta tak pernah menyerah akan keadaannya, ia menghampiri setiap orang yang mengunjunginya. Ia juga tak terlihat malas mengambil mainan atau berusaha berlari mengejar sesuatu. Kondisi kakinya tak menjadi halangan bagi Dasha untuk tetap gembira. Ia pun tak menjadi trauma akan manusia, meski ia tahu dirinya terabaikan saat kecelakaan itu terjadi.

Dasha terlahir normal, dan seperti pada umumnya anak kucing, Dasha aktif berlari ke sana kemari. Hingga suatu kejadian mengubah hidup Dasha selamanya. Di usia sekitar 1 bulan, Dasha terjepit pintu. Saat itu Dasha tinggal bersama keluarganya, namun sayang pihak keluarga tak membawa Dasha ke dokter. Kondisi Dasha semakin parah karena terabaikan selama 2 bulan, dan syaraf di kakinya rusak. Dasha pun kehilangan kemampuan untuk berjalan normal, sejak itu ia menyeret kaki. Dan di usianya yang ke-4, sang pemilik menyerah untuk memelihara Dasha sampai akhirnya Dasha menjadi penghuni penampungan.

Pihak BARCS berusaha memberikan yang terbaik bagi Dasha dengan menggalang dana untuk membiayai perawatan dan pengobatan Dasha semaksimal mungkin, serta membelikannya roda untuk membantu berjalan. Meski tanpa roda pun tak menghalangi keinginan Dasha untuk selalu bermain dan bercanda dengan orang-orang sekitarnya. Keriangan Dasha menghapus penghakiman netizen terhadap pemilik lamanya, karena apapun yang terjadi di masa lalu tetap lebih penting masa depan Dasha. Maka banyak orang yang kini mendukung kebahagiaan Dasha, malah menjulukinya “Mermaid Kitty” atau “Kucing Putri Duyung”. Donasi untuk Dasha pun mengalir hingga kini, dengan harapan Dasha mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya.