Malang sekali nasib Twiggy. Kucing kecil berumur 5 minggu itu tak dapat membebaskan diri ketika salah satu kaki belakangnya tersangkut di sebuah pagar, di kawasan Brooklyn, New York. Kemungkinan Twiggy berusaha melompati atau berjalan di atas pagar, namun tergelincir. Twiggy masih belum cukup dewasa untuk mengerti betapa keras dan berbahayanya hidup di jalanan. Ia belum pandai menjaga diri, hingga akhirnya Twiggy hanya bisa menangis berharap seseorang menolongnya.

instagram.com@tripodtwiggy

Tangisan Twiggy terdengar seorang pria yang kebetulan melintas di sana. Entah sudah berapa lama Twiggy tergantung di pagar. Tubuhnya lemah dan cedera di kakinya pun sangat parah. Pria baik hati itu segera mencari pertolongan ke tempat terdekat, yakni PS9 Pet Supplies, sebuah toko kebutuhan hewan, yang sangat peduli dengan hewan terlantar dan langsung melarikan Twiggy ke rumah sakit hewan, VERG Medical Center.

instagram.com@tripodtwiggy

Pihak medis hanya dapat melakukan pertolongan sementara pada Twiggy, meski kucing malang itu membutuhkan operasi akibat saraf kakinya mengalami kerusakan parah. Namun kondisi tubuh Twiggy sangatlah lemah, serta usianya masih terlalu kecil. Maka Twiggy pun menjalani perawatan di rumah sampai ia siap untuk menghadapi operasi besarnya. Dimana Twiggy harus merelakan satu kakinya yang tidak dapat diselamatkan lagi.

instagram.com@tripodtwiggy

Amanda Firine adalah seorang yang tidak hanya membukakan pintu rumahnya untuk Twiggy, namun juga pintu hatinya. Apalagi setelah mengetahui Twiggy harus diamputasi, Amanda semakin ingin menjaga dan melindungi Twiggy seumur hidup. Amanda pula yang kemudian mengunggah perkembangan si kecil Twiggy, dari kondisinya yang lemah hingga menjadi kucing tegar yang berani menghadapi operasi kesembuhannya.

instagram.com@tripodtwiggy

Semula Amanda tidak terlampau yakin jika Twiggy dapat berlari, melompat dan melakukan segala kegiatan sebaik kucing berkaki empat. Namun Twiggy membuktikan bahwa kehilangan satu kaki tak mampu menghilangkan kebahagiaannya. Twiggy tak pernah berhenti menjelajah seluruh apartment Amanda selepas operasi. Sejak itu, Twiggy dengan kaki tiganya mendapat julukan baru yakni kucing “tripod”. Tripod juga hanya punya tiga kaki, kan?

instagram.com@tripodtwiggy

Bila sebelumnya Amanda merasa harus melindungi dan menjaga Twiggy, justru Twiggy membuktikan sebaliknya. Ia sangat mandiri untuk menjaga dan melindungi dirinya sendiri, bahkan menjaga rumah, juga ibunya! Twiggy sering mengiringi Amanda demi memastikan sang ibu baik-baik saja. Ia juga kerap menemani Amanda, seakan tak ingin ibunya merasa kesepiaan. Twiggy benar-benar hadir di hidup Amanda bagai malaikat kecil yang selalu membawa kegembiraan.

instagram.com@tripodtwiggy

Saat ini Twiggy sudah berumur satu tahun. Tak sehari pun terlewati tanpa bermain dan mengelilingi separuh rumahnya. Meski secara fisik Twiggy hanya berkaki tiga, tetapi ia selalu tampak sempurna di mata ibunya, karena Twiggy pun senantiasa memberi kebahagiaan yang sempurna bagi Amanda.

instagram.com@tripodtwiggy