Diperkirakan 10.000 anjing disiapkan untuk memeriahkan Festival Yulin di Cina yang berlangsung selama 10 hari. Meski diberitakan festival yang menjadi kontroversi dan diprotes oleh seluruh pencinta hewan di dunia mengalami penurunan di tahun ini, namun tetap saja ribuan hewan menjadi korban. Banyak aktivis penyelamat hewan, terutama anjing, melibatkan diri dalam festival tersebut demi menyelamatkan para hewan di sana. Walaupun hanya satu ekor, tetap satu nyawa sangat berharga untuk diselamatkan. Apalagi 1000 nyawa anjing yang berhasil tertolong berkat perjuangan Marc Ching, dibantu oleh beberapa kelompok penyelamat anjing lainnya.

man-saves-1000-dogs-meat-festival-yulin-marc-ching-china-11

Nama Marc Ching memang sangat populer di dunia penyelematan anjing. Ia berkeliling dunia demi menolong para anjing teraniaya untuk mendapatkan kehidupan lebih baik. Fokus Marc Ching dan timnya lebih pada menyelamatkan anjing yang dijadikan santapan manusia. Selain menyelamatkan, mereka juga mengusahakan agar anjing-anjing itu mendapatkan rumah dan keluarga yang mampu mengasihi mereka setulus hati.

man-saves-1000-dogs-meat-festival-yulin-marc-ching-china-13

Pembantaian anjing selalu didahului dengan penyiksaan terhadap mereka, karena anggapan daging anjing yang dianiaya jauh lebih lezat dibanding disembelih seperti pada umumnya penyembelihan hewan. Maka setiap anjing yang menjadi korban selalu mengalami peristiwa mengerikan sampai akhirnya mereka tewas mengenaskan, dan mirisnya lagi kematian tersebut justru memberi kelezatan dalam setiap suapan orang-orang yang menikmati dagingnya.

man-saves-1000-dogs-meat-festival-yulin-marc-ching-china-7

Tak jarang Marc Ching menangis pilu mendengar jeritan dan lolongan anjing di rumah jagal yang ia masuki, terkadang juga Marc merasa dirinya terlambat untuk menyelamatkan mereka. Dari semua anjing yang ia selamatkan, terdapat pula anjing-anjing yang telah mengalami siksaan sebelum akhirnya terselamatkan. Mereka biasanya hidup cacat karena siksaan dan pemotongan bagian tubuhnya, terutama telapak kaki.

man-saves-1000-dogs-meat-festival-yulin-marc-ching-china-16

Dari sepak terjang Marc, 6 rumah pemotongan anjing di Yulin ditutup dan 5 rumah lagi menyusul. Sementara Wendy Higgins, perwakilan dari Humane Society International (HSI), menyatakan bahwa jumlah korban Festival Yulin kali ini cukup menyusut dari sebelumnya. Pemerintah Cina kini mendapat tekanan keras dari banyak penyayang hewan dunia, termasuk juga dari negerinya sendiri, untuk mengambil ketegasan atas penyelenggaran Festival Yulin. Higgins mengatakan mulai ada titik harapan bahwa festival tersebut akan diakhiri di masa depan. Semoga.

man-saves-1000-dogs-meat-festival-yulin-marc-ching-china-5

Baca juga. “Marc Ching menyamar sebagai pengekspor daging anjing, demi menyelamatkan para anjing dari santapan manusia”