Seekor bayi kuda nil berumur dua minggu ditemukan tanpa induknya di tepi sungai Zambezi, Zambia. Sudah bisa dipastikan bayi yang kemudian diberi nama Douglas ini sulit untuk bertahan hidup, karena ia masih harus menyusu dan butuh belaian dari ibunya.

douglas-comp-2014-9-2jpg

Namun tim penyelamat yang dipelopori Steve Tolan, pendiri yayasan Chipembele di Zambia, tidak menyerah. Mereka membangun kolam renang untuk Douglas dan menyusuinya menggunakan botol. Tidak lupa, seekor anjing jenis terrier diajak juga merawat Douglas guna memberi belaian berupa jilatan di hidung dan mata Douglas, seperti yang sering dilakukan para induk kuda nil.

douglas-chimpembeleh-2014-9-2jpg

douglas-dog-comp-2014-9-2jpg
Perjuangan Douglas untuk bertahan hidup mendapat dukungan dari para donatur, dan Douglas semakin menunjukkan kemajuan jika dia bisa hidup mandiri. Bahkan mulai belajar untuk bergabung dengan kuda nil lainnya di Sungai Luangwa, hingga akhirnya Douglas tidak lagi tinggal di kolam kecilnya, meski ia tetap diawasi oleh para pengasuhnya, termasuk anjing terrier putih yang menyayangi Douglas. Kini Douglas sudah berumur lebih dari 2 tahun, dan menjadi bagian dari kawanan kuda nil bahagia di Zambia. 

douglas-dog-comp 2-2014-9-2jpg

douglas-wild-2014-9-2jpg