Anjing jenis hound seolah terlahir untuk mengejar rubah. Bukan memangsanya, melainkan membantu perburuan yang dilakukan manusia. Berkat para anjing tersebut, maka manusia dapat memburu rubah dengan lebih mudah. Metode berburu tersebut sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu dan menjadi tradisi yang dilakukan sampai saat ini, bahkan diyakini sebagai kegiatan berolahraga.

Hounds during fox hunt
Main Line Animal Rescue

Namun tradisi itu sudah tidak lagi sejalan dengan jaman, apalagi kepedulian akan kesejahteraan hewan makin meningkat. Maka satu demi satu arena perburuan dengan menggunakan anjing ditutup. Salah satunya di Pennsylvania. Sejak tak ada lagi perburuan, para anjing hound yang jumlahnya mencapai puluhan itu tinggal di kandang sempit dan terabaikan.

Hounds in the back of a truck
Main Line Animal Rescue

Main Line Animal Rescue (MLAR) merupakan kelompok penyelamat anjing yang diminta untuk mengevakuasi para anjing yang telah pensiun. MLAR bekerja sama dengan sebuah organisasi bernama The Grey Muzzle untuk mencarikan keluarga bagi mereka. Russ Steward dari MLAR mengatakan bukan hal mudah merumahkan para anjing yang seumur hidupnya hanya mengerti berburu. Mereka bahkan minim berinteraksi dengan manusia.

Hound in kennel
Main Line Animal Rescue

Anjing-anjing senior menjadi prioritas utama untuk tinggal di rumah asuh dan beradaptasi dengan lingkungan baru mereka nantinya. Pihak penyelamat juga mulai menyebar informasi agar para penyayang anjing berkenan membuka pintu rumah serta memberi kesempatan para anjing untuk tinggal bersama dan merasa dicintai.

Rescued hound with new family
Main Line Animal Rescue

Selama hidupnya, para anjing hound tak pernah memiliki mainan. Tak pernah tahu rasanya berbaring di sofa dan menemani pemiliknya menonton tv atau bekerja. Apalagi berjalan-jalan di taman. Mereka juga tidak pernah mengerti bahwa belaian bukanlah hadiah jika mereka bisa menangkap rubah. Belaian dan dekapan bisa diperoleh bahkan di saat tidur sekalipun, karena mereka dimiliki oleh orang yang menyayangi dengan tulus.

Rescued hounds playing in yard
Main Line Animal Rescue

Satu per satu anjing mulai mendapatkan rumah keluarga. Suatu hal yang tak berani diimpikan oleh para anjing pemburu sebelumnya. Ternyata tak butuh waktu lama bagi mereka untuk menjadi anjing manis di rumah. Lembutnya kasih sayang telah meluluhkan kerasnya hidup yang selama ini mereka rasakan di arena. Dimana mereka harus berlari dan berlari demi mendapatkan satu pujian dan belaian.

Kids cuddling with rescued hound
Main Line Animal Rescue

Stewart sangat bersyukur penutupan arena perburuan, ternyata telah membuka banyak pintu rumah bagi anjing-anjing malang itu untuk memulai hidup baru.

Rescued hounds together outside
Main Line Animal Rescue