Ketika Janina Schan mengangkat Lila ke dalam pelukannya, anjing itu terasa lebih ringan dari udara. Janina terkejut sekaligus sedih pada anjing yang mungkin selama ini tak pernah merasakan hangatnya kasih sayang meski dipelihara. Lila ditemukan terikat di sebuah tiang dengan makanan dan minuman jauh dari jangkauannya.

Osa Peninsula Rescue

Janina Schan, pendiri organisasi penyelamat hewan Osa Peninsula di Costa Rica, membawa Lila ke penampungan. Sepanjang perjalanan Lila menangis, dan ia terjatuh di lantai saat tiba di lokasi. Lila tak memiliki tenaga lagi, bahkan untuk berdiri. Lila cukup beruntung Janina tak datang terlambat, karena dokter menyatakan kondisi Lila sangat dekat dengan kematian.

Osa Peninsula Rescue

Bersama rekannya, Anette Targowski, Janina merawat Lila. Mereka tak habis pikir pemilik Lila begitu tega meninggalkan anjingnya untuk dibiarkan mati di sebuah tiang yang terletak di halaman, jauh dari keramaian. Namun Lila tak menyimpan dendam sedikitpun atas apa yang terjadi padanya. Bagi Lila saat ini adalah berjuang untuk kembali sehat, sementara Janina dan Anette pun mulai mencarikan kehidupan yang layak untuk anjing malang itu. Sebuah keluarga dan rumah penuh kedamaian.

Osa Peninsula Rescue

Perlahan kesehatan Lila pulih. Ia selalu menggoyangkan ekor dan menyambut siapapun yang menghampiri, seolah ingin menunjukkan bahwa ia siap untuk kembali bertualang dalam hidupnya. Lila tak pernah rewel ketika harus pindah beberapa kali dari rumah asuhnya, ia justru senang berkenalan dengan orang-orang baru yang baik hati. Kesulitan utama Janina menemukan rumah bagi Lila adalah kebanyakan adopter di Costa Rica menginginkan anjing ras, sementara Lila adalah anjing mongrel atau anjing campuran dari beragam keturunan.

Osa Peninsula Rescue

Telah lebih dari setahun setelah Lila diselamatkan, ia belum juga mendapatkan keluarga yang menginginkannya. Tetapi Janina tidak putus asa. Ia mulai mencari rumah di luar Costa Rica untuk Lila, dibantu oleh Anette yang tinggal di Kanada. Perjuangan Janina dan kesabaran Lila membuahkan hasil, tak lama lagi Lila akan terbang ke Kanada untuk menempati rumah baru dan berkenalan dengan keluarga yang akan menyayangi selamanya. Selamat ya, Lila! 🙂

Osa Peninsula Rescue