Seorang agen perumahan tengah berjalan di hutan Rock Hill, Carolina Selatan, lalu tanpa sadar ia tersandung sesuatu hingga jatuh. Antara kaget dan tak percaya, ia melihat sesosok anjing pit bull tergeletak tak bergerak. Meski ia menganggap anjing itu mati, tak urung ia tetap menghubungi kelompok penyelamat hewan.

old-photos-vintage-war-couples-love-romance35

Kondisi anjing itu memang memprihatinkan, tubuhnya penuh luka dan kakinya cedera parah. Namun yang mengejutkannya lagi, ternyata anjing tersebut masih hidup! Penyelamat hewan Every Life Matters Animal Rescue kemudian membawanya ke rumah sakit, dan diketahui bahwa luka-luka yang deritanya akibat ia dijadikan anjing umpan para anjing petarung. Anjing itu lalu diberi nama Rambo, seperti nama jagoan dalam film yang mampu selamat dari pertarungan.

old-photos-vintage-war-couples-love-romance33

Yang membuat miris adalah, saat Rambo siuman ternyata ia adalah anjing yang ramah. Rambo langsung mengibaskan ekornya, diduga Rambo hanya menjadi anjing umpan untuk latihan para anjing yang akan bertarung. Setelah kondisinya nyaris tewas, Rambo dibuang karena tak bisa digunakan lagi. Tetapi Rambo ternyata bertahan hidup, meski ia harus merelakan kedua kaki belakangnya diamputasi karena luka yang terlampau parah.

old-photos-vintage-war-couples-love-romance12

old-photos-vintage-war-couples-love-romance21

Walaupun beberapa orang telah mengajukan diri untuk mengadopsi Rambo, namun sampai saat ini Rambo masih dalam tahap perawatan. Ia juga menjalani terapi untuk menghilangkan trauma di masa lalunya, Rambo pun dibantu berjalan-jalan dengan menggunakan kereta, serta berlatih agar nantinya bisa menggunakan kursi roda. Tetapi Rambo belum diperbolehkan untuk diadopsi karena ia masih harus menjalani operasi lanjutan, juga tahap pemulihan yang membutuhkan pemantauan intensif.

old-photos-vintage-war-couples-love-romance40

insta-rescue-dog-fighting-pit-bull-rambo-41

Rambo bukanlah petarung, ia dan mungkin banyak anjing lainnya hanyalah korban dari kesenangan manusia mengadu anjing dan menjadikan anjing ganas mematikan. Rambo merupakan satu dari begitu banyak anjing lainnya yang terlahir baik hati, penurut dan ramah terhadap manusia. Sayangnya, sering kali manusia membesarkan anjing di luar kodratnya sebagai hewan penyayang.

old-photos-vintage-war-couples-love-romance17

old-photos-vintage-war-couples-love-romance14