Romeo dibawa ke Chula Vista Animal Care Facility, California, bersama kucing-kucing lain dari jalanan. Tapi Romeo tidak terlihat bahagia. Ia tampak murung dengan wajah tirus, meski telah diberi banyak makanan dan vitamin. Linda Septon, seorang penyelamatnya, menyatakan Romeo sehat secara fisik namun ia memiliki masalah lain yang tak diketahui.

Pihak penyelamat mencoba merekonstruksi kembali penyelamatan kucing berumur 7 bulan itu. Saat ditemukan, Romeo berada di bawah mobil sedang meringkuk. Bersama Romeo saat itu, seekor anjing schnauzer yang melindunginya. Anjing yang kemudian dipanggil Juliet itu diselamatkan pula, namun dibawa ke penampungan berbeda.

Chula Vista Animal Care Facility

Biasanya, kucing dan anjing memang ditempatkan di penampungan terpisah. Itulah yang terjadi pada Romeo dan Juliet. Sayangnya kondisi Romeo memburuk tanpa Juliet di sisinya. Maka pihak penampungan pun lalu membawa Juliet menemui Romeo, memperbolehkan mereka tinggal dalam satu kandang.

Chula Vista Animal Care Facility

Saat melihat sahabatnya datang, Romeo langsung ceria. Momen itu adalah saat paling membahagiakan bagi Romeo. Ia memiliki sahabatnya kembali. Demikian pula Juliet yang langsung memeluk Romeo dan bercengkerama seperti dahulu mereka hidup di jalanan berbagi suka dan duka.

Chula Vista Animal Care Facility
Chula Vista Animal Care Facility

Selama 20 tahun Linda melakukan penyelamatan hewan, ia mengaku baru kali ini mendapati peristiwa seperti Romeo dan Juliet. Ia sangat terharu dengan ikatan persahabatan antar mereka berdua. Maka pihak penampungan pun hanya memperbolehkan adopter mengambil keduanya, tanpa memisahkan mereka sampai kapanpun.

Chula Vista Animal Care Facility