Pada tanggal 11 September, seekor pitbull bernama Ace melompat keluar dari jendela rumahnya ketika ia mendengar tetangga berbicara. Ace melakukan tindakan tersebut bukan untuk menunjukan agresivitasnya, namun ia sengaja mendobrak jendela untuk menyelamatkan diri dengan harapan para tetangga menolongnya. Ternyata Ace tak melakukan hal itu untuk dirinya sendiri, melainkan untuk Mooch, seekor anjing yang tinggal serumah dengan Ace di Whitesville, New York.

dog smashes window
Source: SPCA

Ace berumur 6 tahun, namun tak seperti anjing lainnya yang dipelihara dengan penuh kasih sayang, Ace mendapat perlakuan buruk dari Eugenio N. Charles III, sang pemilik. Tubuh Ace sangat kurus, entah kapan terakhir kali ia mendapat makanan layak dari pemiliknya. Ace dikurung dalam rumah, sampai akhirnya ia berhasil meloloskan diri setelah mendengar suara tetangga, dimana Charles tak mungkin menangkapnya jika para tetangga melihat keadaannya.

Source: SPCA

 

Pemikiran Ace sangatlah benar. Ketika tetangga melihat Ace, mereka tak hanya menghampirinya dan memberi bantuan tetapi juga memasuki rumah dan mendapati Mooch di sana terbaring lemah. Mereka bahkan menyangka Mooch telah meninggal karena tak mampu mengangkat kepala dan kesulitan menemukan denyut kehidupan dari anjing malang itu. Lebih ironis lagi, potongan gigi tampak di sekitar dua kaleng makanan anjing yang belum dibuka. Rupanya baik Ace maupun Mooch sempat berupaya membuka kaleng tersebut namun tak berhasil.

pitbull-ace-affame-echappe-3
Source: SPCA

Kini kedua anjing tersebut berada dalam perawatan Dr Thomas Lopez di klinik hewan Wellsville, sementara Charles ditangkap dan menghadapi tuduhan penelantaran serta penganiayaan hewan peliharaan. Saat Ace dan Mooch pulih nanti, mereka dipastikan akan mendapatkan keluarga baru yang akan memelihara dalam kasih sayang selamanya.

pitbull-ace-affame-echappe-5
Source: SPCA