Suasana penuh haru terlihat ketika penyelamat dari Hope for Paws, Los Angeles, California, membawa Duncan dari area rongsokan. Sebuah tempat yang dipilih Duncan untuk berlindung dan menghabiskan sisa hidupnya. Duncan digendong menuju mobil, penyelamatnya berkali-kali meminta maaf pada Duncan, atas kesalahan siapapun yang mungkin menelantarkannya dan orang-orang yang baru menemukan Duncan sehingga baru bisa menolongnya.

blind senior dog found in junkyard

Anjing jenis pitbull bernama Duncan itu ditemukan meringkuk di area rongsokan yang dianggapnya jauh dari gangguan banyak orang maupun hewan liar di luar sana. Duncan membutuhkan perlindungan dan ketenangan. Namun ia melupakan satu hal, yakni kesulitan mencari makanan di sekitar area tersebut. Untung saja seseorang melihatnya, dan untung juga seorang yang akan menghubungi petugas animal control menyadari bahwa Duncan buta. Kondisi penampungan tidaklah memungkinkan bagi Duncan, maka Hope for Paws dihubungi untuk menolong Duncan.

blind senior dog found in junkyard

blind senior dog found in junkyard

Usia Duncan sekitar 12 tahun, selain buta, kondisi kesehatan Duncan sangatlah buruk. Ia mengalami dehidrasi dan malnutrisi. Berpenyakit kulit, infeksi, serta mengidap tumor di beberapa bagian tubuh. Tak banyak yang bisa dilakukan oleh medis untuk membantu Duncan, selain memberi opsi euthanasia untuk mengakhiri penderitaan Duncan.

blind senior dog found in junkyard rescued

Namun pihak penyelamat Duncan menginginkan akhir yang indah bagi anjing malang itu. Setelah bertahun-tahun hidup menderita di jalanan, saatnya Duncan merasakan kehidupan bahagia yang penuh kasih sayang selama ia inginkan. Maka hidup Duncan tidaklah berakhir di hari itu, sebaliknya, Duncan memasuki kehidupan baru. Duncan tinggal di rumah bersama orang tua angkatnya.

blind senior dog found in junkyard rescued

Duncan memulai pengobatan dan perawatan kesehatan, sekaligus beradaptasi dengan kehidupan rumah serta manusia di sekitarnya. Perlahan ketakutan Duncan sirna, tidak ada lagi kecemasan tampak dalam kesehariannya. Duncan tanpa ragu menghampiri siapapun di dekatnya, bermain tanpa khawatir sesuatu yang buruk menimpanya, serta makan dengan lahap tanpa harus memikirkan mengais tempat sampah, namun yang paling membahagiakan Duncan adalah rasa aman dan kasih sayang sayang yang selama ini tak pernah dimilikinya.

blind dog found in junkyard rescued

Beberapa bulan terlalui dengan penuh bahagia. Kesehatan Duncan membaik, tubuhnya tidak lagi kurus kering. Ia bahkan memiliki tempat tidur paling nyaman di dunia, yakni keranjang pakaian kotor milik orangtuanya. Duncan sangat senang berbaring di sana, bahkan tertidur nyenyak berlama-lama. Di atas pakaian kotor, Duncan seperti merasa dipeluk terus menerus oleh orangtuanya. Begitu nyaman. Begitu damai. Bahagia terus ya, Duncan!