Anjing tidak pernah berniat untuk merepotkan manusia. Mereka akan berusaha bertahan dalam keadaan apapun, bahkan ada yang tetap menyendiri hingga akhir usia, tanpa ingin mengganggu kehidupan manusia. Padahal terkadang sumber dari penderitaan anjing berasal dari orang-orang yang pernah memelihara mereka. Seperti yang terjadi pada anjing bernama Penny.

Rescued dog with severe mange
thedodo.com

Ron Perez dari Columbia-Greene Humane Society/SPCA mendapati Penny setelah anjing itu diantarkan oleh seorang pria yang didatangi Penny. Kala itu bulan Januari, wilayah Earlton, New York, sangatlah dingin. Suara ketukan pintu yang tak biasa terdengar di rumah pria tersebut. Ketika pintu dibuka, seekor anjing tengah duduk di beranda dengan kondisi memilukan dan menggigil kedinginan. Dialah Penny.

Dog with severe mange
thedodo.com

Penny hanya memiliki sedikit bulu tipis di tubuhnya yang mengerak akibat kudis. Tampak pula infeksi yang mengeluarkan darah. Penny sungguh membutuhkan pertolongan, dan Penny datang ke rumah yang tepat. Penny dibawa ke kantor polisi, kemudian diantar ke penampungan. Di sanalah Penny memulai hidupnya kembali. Berjuang untuk kembali pulih serta memercayai bahwa masih banyak orang yang peduli dan sayang padanya.

Man holding dog with severe mange
thedodo.com

Dari cara Penny mencari pertolongan, diduga Penny pernah dipelihara. Penny juga masih mengingat perintah dasar yang biasa diajarkan pada anjing rumahan. Entah sudah berapa lama Penny terabaikan dan bertahan dengan kondisinya yang semakin hari kian memburuk, hingga ia memutuskan untuk mencari pertolongan.

Dog with mange looking up at camera
thedodo.com

Seiring perjuangan Penny untuk sembuh, pihak Columbia-Greene Humane Society/SPCA dan kepolisian juga berjuang untuk menemukan pemilik Penny atas dakwaan menelantarkan peliharaan. Tak butuh waktu lama, pemilik Penny ditemukan! Denda sebesar US$ 1000 dan penjara menantinya. Sementara Penny, menanti keluarga baru yang akan mengadopsi.

Woman hugging shelter dog outside
thedodo.com

Hanya beberapa minggu di penampungan, dimana setiap minggu Penny selalu dijenguk oleh calon orangtuanya, akhirnya hari yang ditunggu tiba. Penny tidak lagi dijenguk, melainkan dijemput untuk pulang ke rumah barunya. Dari ketukan pintu di rumah seseorang, kini Penny tak perlu lagi mengetuk pintu karena ia sudah berada di dalam rumah. Hangat dan penuh cinta. Selamat ya, Penny!

People out walking dogs on a cold day
thedodo.com