Rusty tinggal di halaman sebuah rumah tak terurus, dimana Jared Piper suatu hari melihat Rusty. Penasaran dengan kondisi anjing tersebut, keesokan hari Jared melewati rumah di wilayah Phoenix, Arizona itu lagi. Beberapa kali ia ulangi. Dan keadaan Rusty tetap sama, ia terikat rantai dan hanya bisa berjalan beberapa meter dari jarak ikatannya.

Pertama kali Jared mendekat, Rusty menyalak serta hendak menyerang. Namun di kunjungan Jared selanjutnya Rusty mulai bersahabat, bahkan setiap kali melihat Jared ekornya bergerak ke sana kemari dan mendekatkan dirinya ke pagar agar Jared bisa mengelusnya. Jared sangat prihatin dengan kondisi Rusty yang tak pernah merasakan kasih sayang dari pemiliknya, bahkan terdapat benjolan di perut Rusty menyerupai tumor. Maka Jared pun menghubungi relawan penyelamat anjing, dan bersama-sama membebaskan Rusty.

Pemilik Rusty sempat mempertahankan anjingnya, malah menyuruh Rusty menyerang Jared dan beberapa orang yang akan menyematkannya. Namun jelas saja Rusty tidak akan menyerang, ia malah menunjukan sikap riang. Dan akhirnya si pemilik merelakan Rusty, ia juga mengakui telah merantai Rusty lebih dari 10 tahun. Tanpa pernah melepasnya. Berbeda dengan pernyataan si pemilik yang menyatakan Rusty adalah anjing agresif dan nakal, karena dalam kasih sayang Jared dan para penolongnya, Rusty merupakan anjing manis yang senang bermain.

Setelah lebih dari 10 tahun hidup Rusty terkekang dalam ikatan rantai, sekarang Rusty bebas bermain dan berlari sepuasnya di halaman rumahnya yang baru. Ya, Rusty mendapatkan keluarga baru, bahkan beberapa ekor anjing menjadi saudara barunya juga. Kesehatan Rusty pun sangat diperhatikan agar ia dapat merasakan kebahagiaan dan tulusnya kasih sayang lebih lama lagi.