Di wilayah gurun Coachella, South Carolina, seekor anjing tampak duduk sendirian dengan tatapan kosong. Pemandangan tersebut sudah terjadi berbulan-bulan, warga di sana beberapa kali mencoba mendekatinya namun anjing jenis pitbull itu menjauh. Sehingga mereka hanya meninggalkan makanan, agar anjing yang kemudian diberi nama Gideon, tidak kelaparan. Tetapi lama kelamaan warga prihatin dengan keadaannya, Gideon duduk dan membelakangi jalan. Ia tampak bersedih, sehingga warga menghubungi Bill Foundation untuk menolong Gideon.
Meski Gideon mau menghampiri makanan yang dilemparkan untuknya, namun ia tak mau mendekat bila ada orang di sekitarnya. Gideon memang terlihat sangat takut, diduga ia pernah mengalami situasi yang menyebabkan Gideon kehilangan rasa percaya pada manusia, meski untuk ditolong sekalipun. 

Tak ingin memaksa Gideon yang akan menambah ketidakpercayaannya, maka tim penyelamat menggunakan cara unik untuk membujuk Gideon. Yakni dengan memberi makan kucing-kucing di sekitarnya, dan ketika kucing-kucing itu berdatangan lambat laun Gideon berjalan mendekat. Meski masih tampak takut-takut, tetapi merupakan kemajuan saat ia berada dekat dengan manusia yang tak dikenalnya. Tiga jam kemudian, Gideon membiarkan dirinya dipegang bahkan ikut dengan tim penyelamat secara sukarela menuju Animal Wellness Centers di Los Angeles.

gideonsrescue3

gideonsrescue4

Sekitar seminggu setelah menjalani perawatan, tak hanya kesehatan Gideon yang pulih namun juga rasa percayanya pada manusia. Dari seekor anjing penyendiri yang sulit didekati, Gideon menjelma menjadi anjing penyayang yang sangat riang gembira. Gideon juga mengasihi kucing 🙂

gideonsrescue6

Sayangnya ketika pemilik Gideon terdahulu ditemukan dan dikabarkan keadaan Gideon, mereka menolak untuk memperbaiki sikap untuk memeliharanya kembali. Kini Gideon tinggal bersama  Angie Starry, seorang relawan dari Animal Wellness Centers yang melindungi dan melimpahinya dengan ketulusan cinta kasih.

gideonsrescue2