Kelompok penyelamat hewan Animal Aid Unlimited melewati ruas jalan di Udaipur, India, dan melihat di sisi jalan seekor anjing yang bentuknya tak lagi seperti anjing. Ia menyerupai kambing sakit, tetapi tidak juga, entah hewan apa. Ia tanpa bulu dan berwarna hitam kecoklatan, kulitnya mengeras dan berkerak. Bahkan ia tak mampu bergerak ketika didekati, padahal ia tampak ketakutan saat dihampiri, sepertinya seumur hidup ia tak pernah bersinggungan dengan manusia, selain disakiti.
mange-sick-dog-rescue-animal-aid-unlimited-gif-6

Setelah dibawa ke klinik hewan, diketahui bahwa anjing itu menderita penyakit kudis di seluruh tubuhnya. Mungkin awalnya hanya di bagian tertentu, tetapi karena ia hidup terlantar dijalanan akhirnya penyakit tersebut menjalar ke semua bagian tubuh. Selain itu ia malnutrisi dan mengalami dehidrasi parah. 

mange-sick-dog-rescue-animal-aid-unlimited-gif-5

Pihak medis hanya mampu mengusahakan yang terbaik baginya, tanpa bisa memperkirakan berapa lama anjing tersebut sanggup pulih melalui motivasi dalam dirinya sendiri. Namun hanya dalam waktu seminggu, kondisi anjing itu mengalami perubahan signifikan yang mengejutkan. Diawali dari rasa percaya yang ia bangun terhadap tim medis dan manusia yang berada di dekatnya, kasih sayang telah membuatnya bersemangat untuk sembuh. Sehingga dalam seminggu saja, kulitnya mulai pulih dan tampak bulu berwarna putih kembali tumbuh. Ya, ternyata ia seekor anjing berbulu putih.

mange-sick-dog-rescue-animal-aid-unlimited-gif-7

Beberapa minggu kemudian, wujud asli dari anjing itu mulai terlihat, termasuk badannya yang gemuk dan kegembiraannya saat bermain. Semua orang menyatakan ia telah kembali ‘menjadi’ anjing sebenarnya, setelah bertahun-tahun hidup terabaikan dan kehilangan ‘bentuk’nya seperti anjing pada umumnya. Bahkan tak lama lagi ia akan mendapatkan rumah baru dan keluarga baru yang akan menyayanginya, juga sebuah nama yang selama ini tak pernah ia miliki. 

mange-sick-dog-rescue-animal-aid-unlimited-2