Beberapa waktu lalu, seekor anjing ditemukan kurus kering di jalanan. Seorang berhati mulia menolongnya. Anjing yang dinamai Angel itu menjadi kisah inspiratif, sekaligus mengangkat nama Kay Buell sebagai seorang penyelamat anjing yang luar biasa. Tak hanya Angel, Kay sudah banyak menolong anjing-anjing tidak beruntung. Belasan diantaranya tinggal bersama Kay di rumahnya, termasuk Angel. Semua orang bersyukur Angel telah mendapat kehidupan baru dalam asuhan dan perlindungan orang seperti Kay.

Facebook/Rescue From the Hart

Namun dibalik semua aksi Kay yang disegani banyak orang, ditemukan fakta mengerikan di rumah Kay! Didapati 13 ekor anjing dalam keadaan kurus kering, seperti kerangka anjing, di sana. Salah satunya adalah Angel! Kelompok penyelamat hewan Rescue From the Hart (RFTH), yang berbasis di Los Angeles, mengisahkan rumah Kay bagaikan neraka bagi belasan anjing. Alih-alih kehidupan dalam rumah menjanjikan kebahagiaan, justru kehidupan jalanan terasa jauh lebih baik.

Town of Apple Valley

Saat dievakuasi, dua anjing terpaksa di’tidur’kan akibat kondisi yang sangat parah dan tak mampu lagi bertahan. Sementara satu ekor anjing tewas dalam perjalanan ke rumah sakit, seekor lainnya berada di tempat sampah dalam keadaan tewas! Tak seorangpun menyangka kehidupan semacam itu terjadi di rumah seorang penyayang dan penyelamat anjing Kay Buell. Kini wanita berusia 53 tahun itu harus menghadapi 14 dakwaan terkait dengan penelantaran hewan di rumahnya.

fake animal rescuer
Town of Apple Valley

Sementara Angel, penyelamatan kali ini merupakan kedua kali baginya. Ia mengalami kondisi yang sama, kelaparan hingga nyaris terenggut nyawa. Namun saat terdahulu, kehidupan keras jalanan yang membuatnya menderita, bukan kehidupan di dalam rumah yang semula ia harap dapat menjadi akhir dari pencariannya akan bahagia tetapi ternyata menyengsarakan. Angel membutuhkan rehabilitasi panjang untuk mempercayai lagi bahwa rumah adalah tempat dimana kasih sayang itu ada, dan bisa ia dapatkan.

fake animal rescuer
Facebook/Rescue From the Hart