Setiap kehidupan layak diperjuangkan. Tanpa kecuali. Maka saat seekor anjing bernama Nalu menjadi korban kebakaran, seketika itu juga Andrew Klein-seorang petugas pemadam berjuang sekuat tenaga untuk menyelamatkan nyawa Nalu.

Image credits: Billy Fernando

Peristiwa tersebut bermula dari laporan warga perihal kebakaran di sebuah apartemen. Andrew Klein dari Pemadam Kebakaran Santa Monica di California, yang kebetulan menerima panggilan tersebut, langsung menuju lokasi. Seluruh penghuni apartemen telah berhasil dievakuasi, kecuali Nalu. Anjing berukuran kecil itu terjebak dalam rumahnya dan tak sadarkan diri. Andrew Klein kemudian mengambil tindakan untuk menolongnya.

Image credits: Billy Fernando

Nalu tak bereaksi apapun saat ditolong. Banyak orang menduga ia telah tiada. Namun Andrew tak menyerah begitu saja. Meskipun Nalu hanya seekor anjing, tetapi di mata Andrew semua mahluk hidup adalah sama. Berhak akan hidup. Maka ia pun memperjuangkan Nalu.

Image credits: Billy Fernando

Di waktu yang sama, Billy Fernando-seorang fotografer, tak sengaja melewati lokasi dan menyaksikan tindakan mulia Andrew terhadap Nalu, Kamera Billy pun mengabadikan momen luar biasa akan dedikasi Andrew pada pekerjaannya, dan tugasnya sebagai manusia untuk mencintai sesama. Bahkan tanpa ragu Andrew memberi napas buatan pada Nalu. Ia meyakini Nalu masih bisa ditolong dan harus tertolong.

Image credits: Billy Fernando

20 menit upaya penyelamatan yang dilakukan Andrew membawa hasil. Nalu mulai merespon dan kembali bernapas. Semua orang yang berada di lokasi kejadian bersorak bahagia, orangtua Nalu tak henti berterimakasih pada Andrew.

Santa Monica Fire Department

Namun alih-alih merasa menjadi pahlawan bagi Nalu, Andrew menyatakan bahwa semua nyawa adalah berharga, maka ia tak membedakannya saat menolong Nalu. Akhir yang bahagia sudah cukup memuaskan bagi Andrew. Di saat Nalu telah sehat dan mengunjungi Andrew di markas pemadam kebakaran, Andrew merasa menjadi orang yang paling bahagia di dunia. Ia tak henti memeluk Nalu.

Santa Monica Fire Department

Baca juga. “Aksi mengharukan pemadam kebakaran memberi CPR pada anjing yang tak lagi bernapas”