Bobby adalah seekor anjing malang yang berusaha bertahan hidup dengan menjauhkan diri dari keramaian. Mungkin benar yang didiagnosa dokter saat merawatnya, Bobby menjadi korban tabrak lari hingga menyisakan trauma yang membuatnya sangat ketakutan. Maka Bobby bersembunyi di dalam lubang di sebuah parit. Jauh dari keramaian dan jangkauan mata siapapun. Bobby tidak sadar, jika tempat persembunyian juga menjauhkan dirinya dari pertolongan 🙁

Injured dog in ditch
Photo. Łukasz Muniowski

Untunglah Natalia, yang saat itu tengah bersepeda bersama suaminya, Łukasz Muniowski, melihat kepala Bobby tersembul keluar dari lubang. Natalia meyakini bahwa yang dilihatnya adalah seekor anjing, maka ia pun mendekati. Tetapi Bobby terlalu takut, sehingga Bobby keluar lubang lalu berlari menjauh. Natalia dan Lukasz terhenyak melihat kaki belakang Bobby tampak melayang di udara ketika ia berlari. Maka mereka memutuskan untuk kembali keesokan hari demi memastikan keadaan Bobby. Sejak itulah anjing kesepian itu memiliki nama. Bobby.

Man holding out hand to injured dog in drain
Photo. Łukasz Muniowski

Perkiraan Natalia dan Lukasz benar, kedua kaki belakang Bobby cedera parah. Kali ini Bobby tidak lagi melarikan diri dari lubangnya, tetapi ia tetap tak membiarkan Natalia dan Lukasz mendekat. Bobby selalu menggeram. Namun seiring perjalanan waktu dan pendekatan yang dilakukan pasangan itu, akhirnya Bobby mengalah. Ia meyakini Natalia dan Lukasz tak menyerah terhadapnya. Mereka datang bukan untuk menyakitinya.

Injured dog sleeping
Photo. Łukasz Muniowski

Bobby langsung dibawa ke klinik hewan, di sanalah penyebab kaki belakang Bobby didiagnosa oleh dokter. Kedua kaki belakang Bobby patah. Bahkan salah satu kakinya harus diamputasi. Sayangnya, dokter tidak berani melakukan tindakan operasi karena sangat berisiko bagi keselamatan Bobby. Ia juga menyatakan, kalaupun bisa selamat, Bobby tak mungkin lagi hidup di jalan. Ia harus memiliki rumah dan keluarga. Maka dokter menyarankan Natalia dan Lukasz untuk merelakan Bobby. Euthanasia adalah tindakan terbaik untuk menolong Bobby.

Man kissing rescue dog
Photo. Łukasz Muniowski

Seperti saat membujuk Bobby di parit, kali inipun Natalia dan Lukasz tak mau menyerah. Mereka lalu membawa Bobby ke rumah mereka di Warsawa, Polandia, sekaligus menyatakan diri sebagai orangtua baru bagi Bobby. Mereka segera mencarikan dokter terbaik demi menyelamatkan Bobby. Perjuangan keduanya membuahkan hasil, seorang dokter bersedia mengoperasi Bobby, meski dengan kemungkinan Bobby tidak bisa berlari lagi seumur hidupnya.

Rescue dog sitting in grass
Photo. Łukasz Muniowski

Berkat keinginan hidup Bobby yang tinggi, operasi berjalan lancar. Natalia dan Lukasz pun merawat Bobby dengan sesekali mengajaknya berjalan-jalan. Keduanya merasa sedih karena tinggal di apartemen lantai tiga tanpa lift, dimana muskil bagi Bobby untuk bermain naik turun tangga tanpa dibantu. Tetapi kesedihan itu mampu terhapus dengan kegembiraan di wajah Bobby yang menunjukkan kebahagiaan atas keadaannya. Apalagi ia memiliki sahabat, Leon, anjing peliharaan orangtuanya.

Rescue dogs snuggling together
Photo. Łukasz Muniowski

Tanpa terasa 2 tahun telah terlewati bersama Bobby. Hal yang dahulu seakan tak mungkin, ternyata berbeda dengan kenyataan. Bobby kini dapat berlari, bahkan naik turun tangga sendiri! Dahulu pun Bobby tak menyangka jika dirinya bisa memperoleh kehidupan seperti yang ia rasakan saat ini. Ia memiliki keluarga yang sangat menyayanginya. Impian kebahagiaan yang dahulu seolah tak akan jadi kenyataan selama Bobby hidup di parit, justru kini adalah kehidupan Bobby sehari-hari dan untuk selamanya.

Rescue dogs snuggling together
Photo. Łukasz Muniowski
  • Thom

    Bahagia terus Bobby! Yg nabrak ntar juga dpt karmanya!