Lupakan tentang Festival Yulin yang dibenci seluruh penyayang hewan di dunia, kali ini bukan kisah menyeramkan datang dari provinsi Jilin, Cina, justru sebaliknya. Sekelompok orang baik hati bersama-sama menolong seekor anjing yang terjatuh ke dalam got. Tak ada harapan bagi anjing itu untuk selamat, jika tidak ada orang-orang berhati mulia yang rela terlambat masuk kerja demi menolongnya.

dog
chinanews

Pagi hari, saat jalanan di Changchun, provinsi Jilin, Cina, mulai padat dengan lalu lintas orang-orang berangkat bekerja. Tiba-tiba seorang pejalan kaki bernama Lu mendengar sesuatu yang membuatnya berhenti berjalan, beberapa orang lainnya pun ikut mendengarnya dan menghentikan perjalanan. Ternyata suara itu berasal dari celah penutup lubang got, yang ketika dibuka tampak seekor anjing berbulu putih menatap putus asa untuk meminta pertolongan.

dog
chinanews

Entah bagaimana anjing tersebut bisa berada dalam got tertutup, sepertinya badai semalam membuatnya terseret arus hingga berakhir di saluran air itu dan untung saja seseorang mendengar suaranya yang semakin lemah. Suhu saat itu memang sangat dingin, tak mudah bagi si kaki empat untuk bertahan hidup. Bahkan orang-orang yang berdiri menyaksikan penyelamatannya pun menggigil kedinginan.

dog
chinanews

Dibutuhkan beberapa orang untuk membuka saluran air agar bisa dimasuki seukuran tubuh manusia, yang nantinya akan turun ke dalam untuk mengambil anjing malang tersebut. Meski menyadari mereka akan terlambat datang ke lokasi kerja, tapi tak satupun dari orang-orang itu menghentikan evakuasi. Sampai akhirnya anjing tersebut berhasil dikeluarkan dengan selamat, dan Lu membawanya ke dokter hewan.

dog
chinanews

Menurut Lu, tak satupun dari mereka yang menyesal terlambat datang ke tempat kerja, karena ada satu nyawa yang bisa mereka selamatkan dan kini tengah menunggu dijemput pemiliknya di klinik. Tak hanya nyawa, Lu dan para pekerja baik hati itu juga sudah membantu menyatukan sebuah keluarga untuk bersama lagi.

dog
chinanews