Keharuan menyelimuti hati Tania Cappelluti, saat anjing bernama Gaia terbangun dari pingsannya. Kejadian tersebut dialami Tania saat ia sedang berkendara dan melihat anjing liar di pinggir jalan dengan wajah sangat memelas. Dialah Gaia. Sebagai seorang relawan dari Charlie’s Angels Animal Rescue di Costa Rica, Tania terpanggil untuk menolong Gaia. Maka ia pun menghentikan mobilnya, lalu menghampiri Gaia. Di luar dugaan, saat melihat Tania keluar dari mobil, Gaia mulai menangis dan ketika Tania semakin mendekat tiba-tiba Gaia terjatuh dan pingsan.

Rupanya Gaia memang sangat ingin diselamatkan sehingga ia tak mampu menahan kegembiraan sewaktu mobil Tania berhenti. Ia seolah tahu bahwa saat yang ditunggunya selama ini telah tiba. Tania memeluk Gaia yang tak lama kemudian siuman, lalu Tania memberinya minum. Gaia tampak mulai tenang serta mampu tersenyum sambil menggerak-gerakan ekornya. Dengan riang ia mengikuti Tania dan masuk ke dalam mobil menuju penampungan.

Gaia kemudian mendapatkan perawatan, sementara Tania mencarikan rumah sementara bagi Gaia sambil menunggu seseorang akan mengadopsinya. Maka Gaia pun tinggal di Devon Storayn, sebuah komunitas di Finca Morpho. Ia tetap menunjukkan kegembiraannya, dan Tania tak berhenti untuk menyebarkan kabar tentang Gaia melalui media sosial demi memberikan Gaia rumah serta keluarga yang mampu menyayanginya.

Hari bahagia itupun tiba, seorang wanita baik hati asal Prancis jatuh hati pada Gaia dan mengadopsinya. Kini mereka tinggal di sebuah rumah nyaman di Puerto Jimenez, Costa Rica. Gaia bukan lagi anjing di pinggiran jalan yang memohon pertolongan, namun ia seekor anjing rumahan yang mencintai keluarga barunya. Ia juga anjing pintar, dan gemar melakukan ‘high five’ dengan ‘ibu’nya 🙂