Beberapa bulan lalu, sebuah rumah duka dikejutkan oleh kedatangan belasan anjing atau bahkan puluhan. Beberapa diantaranya masuk ke dalam rumah, sementara lainnya menunggu di luar. Suasana yang tak biasa itu berubah menjadi sangat mengharukan ketika diketahui bahwa Margarita Suarez adalah wanita yang setiap hari memberi makan para anjing liar di Merida, Mexico. Namun kini Margarita meninggal dunia, dan anjing-anjing yang menyayangi Margarita mengantarkan wanita itu ke peristirahatan terakhirnya.

stray-dogs-pay-respects-funeral-animal-lover-margarita-suarez-yucatan-mexico-6

Patricia Urrutia, anak perempuan Margarita, menceritakan bahwa setiap hari sang ibu selalu berjalan ke lingkungan sekitar sambil membawa kantong plastik berisi makanan untuk para anjing liar yang ditemuinya. Tak memungkinkan bagi Margarita untuk mengadopsi semua anjing di jalanan, ia hanya bisa melakukan sebatas kemampuannya, yakni tak membiarkan mereka kelaparan.

stray-dogs-pay-respects-funeral-animal-lover-margarita-suarez-yucatan-mexico-15

stray-dogs-pay-respects-funeral-animal-lover-margarita-suarez-yucatan-mexico-coverimage

Ketulusan Margarita rupanya dirasakan para anjing itu, hingga pada saat Margarita meninggal dunia pun mereka mengetahuinya. Bahkan berduyun-duyun datang untuk mengucapkan salam perpisahan. Semua anjing tampak sedih ketika sampai di rumah duka, satu per satu mereka mendekati peti jenasah lalu menjauh dan menunggu. Tak seorang pun sanggup melarang yang dilakukan anjing-anjing itu, sebaliknya malah membuat haru dan menjadi movivasi banyak orang untuk meneruskan kebaikan Margarita untuk mengasihi mereka.

Margaritas daughter Patricia Urrutia believes the animals had wanted to be there to say goodbye to someone who had been so good to them