Dari sekian banyak pemberitaan tentang kasus kekerasan pada hewan di Cina, masih ada banyak kisah sejati yang menggambarkan keadaan sebaliknya. Seperti 5 wanita tua di provinsi Shaanxi Cina yang merawat 1300 ekor anjing di sebuah penampungan yang didirikan oleh Wang Yanfang di tahun 2009.

Setiap hari mereka harus bangun jam 4 pagi untuk mengurus semua anjing yang ada di penampugan, sekitar 400kg daging mereka olah untuk memberi makan seluruh anjing di sana dalam sehari. Belum termasuk kegiatan memotong kuku, memandikan, menyisir, juga mengecek kesehatan serta memberi obat bagi anjing yang sakit.

china-1300-stray-dog-shelter-wang-yanfang-1

china-1300-stray-dog-shelter-wang-yanfang-5

Seluruh anjing di penampungan tersebut didapat dari jalanan yang kemudian mereka selamatkan dan dirawat hingga ada adopter yang datang untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi para anjing. Kelima wanita itu menyatakan bahagia mengabdikan hidup mereka untuk merawat para anjing yang tak memiliki rumah tersebut, mereka juga menyatakan tidaklah salah jika orang mengatakan “anjing adalah sahabat manusia”, karena memang itulah yang mereka rasakan.

china-1300-stray-dog-shelter-wang-yanfang-2

china-1300-stray-dog-shelter-wang-yanfang-7

They’re like your children, you can’t bear to be apart from them, or to lose them.” – Wang Yanfang