Beberapa bulan lalu, seekor kucing kerap datang ke salah satu sekolah dasar di Izmir, Turki. Tidak hanya berkeliaran di sekitar sekolah, si kucing yang kemudian dinamai Tombi itu juga masuk ke dalam kelas.

Özlem Pınar Ivaşcu

Özlem Pınar Ivaşcu, guru kelas 3 yang mengajar di sekolah tersebut, secara resmi memperbolehkan Tombi berada di dalam kelas. Namun alih-alih berlaku sebagai murid, Tombi malah memposisikan diri sebagai asisten Özlem. Bahkan Tombi mendatangi satu per satu meja untuk memperhatikan para murid belajar. Tak jarang pula ia berhenti di satu meja untuk tertidur. Hmm rupanya capek juga ya Tombi menjadi asisten? Hihi

Özlem Pınar Ivaşcu
Özlem Pınar Ivaşcu

Bagi Tombi, sekolah bukan sekedar tempat belajar mengajar, tetapi juga rumah. Tombi tidak perlu lagi mencari tempat bernaung kala panas dan hujan. Ia juga tidak perlu mengais sampah untuk mencari sisa makanan. Semua ia dapatkan di “rumah”. Termasuk orang-orang yang ia kasihi, berada di sana.

Özlem Pınar Ivaşcu

Diakui oleh Özlem, sejak kedatangan Tombi, situasi kelas menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Para murid juga dapat rileks saat belajar. Tombi memberi dampak yang sangan baik bagi teman-temannya. Sayangnya, salah satu orangtua murid menyatakan keberatan atas keberadaan Tombi di sekolah. Maka Tombi pun harus keluar dari sekolah, sekaligus kehilangan pekerjaannya… Dan yang paling menyedihkan, Tombi harus berpisah dari teman-temannya.

Özlem Pınar Ivaşcu

Meski Özlem merumahkan Tombi, tetapi sekolah adalah tempat yang dirindukannya. Tanpa diduga kisah Tombi berkembang viral di internet, dan menuai banyak simpati. Netizen memohon pada pihak sekolah untuk memperbolehkan Tombi kembali sekolah. Hal lain yang mengharukan, ternyata teman-teman Tombi pun menginginkan kucing itu bersekolah lagi. Mereka mengirimkan gambar dan tulisan yang mengungkapkan kerinduan pada Tombi.

Özlem Pınar Ivaşcu

Kabar gembira akhirnya diterima Tombi! Özlem menyampaikan bahwa Tombi diperbolehkan lagi menjadi asistennya di sekolah! Sejak itu hari-hari Tombi kembali ceria, demikian pula dengan para murid di sana. Bahkan Tombi sering kali tidak mau kelas usai. Duh.. masa harus sekolah terus sih, Tombi? Tak jarang Özlem harus membujuk Tombi untuk pulang dengan janji esok hari ia akan bertemu teman-temannya lagi. Baru deh Tombi mau pulang :p

Özlem Pınar Ivaşcu
Özlem Pınar Ivaşcu