Sarah Fenton tinggal di Doncaster, South Yorkshire, Inggris. Ia sedang berada di dapur ketika anaknya, Ethan dan Ashton bermain bola di halaman. Ethan berumur 5 tahun, sementara Ashton 3 tahun di bawahnya. Tak berapa lama, sekelompok anak memanggil nama Ethan beberapa kali, namun Ethan tak mengindahkan. Ia tetap bermain bola, sampai akhirnya anak-anak yang berusia lebih tua dari Ethan itu menyatroni kedua bocah yang masih sibuk bermain bola.

smude the cat 4
via Mercury Press & Media

Seorang anak mendorong Ethan sambil menyatakan ketersinggungan mereka karena Ethan diam saja kala dipanggil. Seketika itu Sarah bergegas keluar rumah. Ia merasa putranya terancam. Namun sosok kecil dengan gerakan lincah melesat mendahului Sarah. Dia adalah Smudge. Seekor kucing berumur 3 tahun yang telah dipelihara keluarga Fenton sejak kecil.

smudge the hero cat 5
via Mercury Press & Media

Tanpa kompromi Smudge langsung menyerang anak yang mendorong Ethan. Ia melompat bagai terbang untuk menerjang anak itu. Dziigg! Si anak terjatuh, terbata-bata, nyaris tak percaya bahwa ia baru saja diserang oleh seekor kucing yang hendak menyelamatkan pemiliknya. Sekejap setelah kejadian itu, si anak beserta teman-temannya lari tunggang langgang. Padahal Smudge sudah bersiap melakukan serangan berikutnya. Namun lawan telah menyerah. Giliran Sarah yang terkejut menyaksikan aksi kepahlawanan Smudge.

smudge the cat 3
via Mercury Press & Media

Selama 3 tahun Smudge tinggal bersama keluarga, tidak sekalipun Sarah melihat Smudge melakukan tindakan berani seperti itu. Rupanya secara diam-diam, selama ini Smudge mengawasi serta menjaga saudara lelakinya, Ethan dan Ashton. Maka saat terjadi penindasan terhadap mereka, Smudge begitu sigap mengambil tindakan.

Sejak kejadian itu, Sarah sering mendapati Smudge berada di luar kamar Ethan berjaga-jaga. Bahkan Smudge tidur di depan kamar, kadang mondar mandir mengawasi keadaan. Sungguh, Sarah tak menyangka rasa cinta Smudge terhadap keluarga sedemikian besar. Tampaknya Smudge pun menyadari bahwa ia adalah bagian dari keluarga, maka menjaga dan melindungi orang-orang yang ia cintai sudah menjadi tanggung jawabnya.

smude
via Mercury Press & Media