Iris Samaniego telah bersama dengan Diego selama 12 tahun terakhir, mereka bahkan nyaris tak terpisahkan. Hingga suatu hari ayah Iris berkunjung dan Diego menyelinap keluar rumah melalui garasi untuk bermain. Tapi saking asiknya bermain Diego melupakan satu hal, yaitu jalan pulang. Sejak itulah Iris terpisah dengan sahabatnya.

Courtesy: Iris Samaniego

Meski setiap hari dicari namun Diego tak pernah ditemukan. Namun Iris tak mau menyerah, ia terus mencari dan mencari. Hari berganti bulan dan bulan berganti tahun, Iris tidak putus harapan. Dari mulai menempelkan selebaran kehilangan kucing, mem-posting di sosial media, sampai mengunjungi penampungan-penampungan dilakukan Iris. Mungkin banyak orang berpikir upaya Iris menemukan Diego sudah sangat maksimal, tetapi tidak baginya. Iris mulai mengamati kucing-kucing yang mirip Diego di internet, satu per satu!

Courtesy: Iris Samaniego

Perjuangan Iris sampai pada satu website penampungan yang mengunggah kucing seperti Diego dengan usia lebih dari 13 tahun. Iris memperhatikan dengan seksama, dan ia yakin kucing tersebut adalah Diego!! Keyakinan Iris terbukti saat ia mendatangi penampungan, si kucing mengenalinya. Dia memang Diego! Pertemuan mereka ditandai dengan tangis bahagia Iris saat memeluk Diego. Kerinduannya selama ini terluapkan, dan ia juga menyatakan pada siapapun pemilik kucing untuk tidak putus asa mencari kucing peliharaan yang hilang, karena cinta akan membawa mereka kembali pulang.

Courtesy: Iris Samaniego

Kebahagiaan Iris disusul pula oleh suka cita kedua anaknya yang mendapati Diego berada di rumah ketika pulang sekolah. Mereka kini kembali seperti keluarga yang utuh. Diego pun rupanya merasakan kerinduan yang sama, karena ia tak lagi mau keluar rumah meski pintu dalam keadaan dibuka. Kehangatan rumah dan kasih sayang keluarga jauh lebih indah dari kehidupan di luar sana. Welcome home, Diego!

Courtesy: Iris Samaniego