Setiap pengunjung yang pernah datang ke supermarket Morrisons di Saltney, Inggris, pasti mengenal Brutus. Kucing ramah dan baik hati yang selalu menyapa pengunjung, bahkan menemani di keranjang belanja. Tak jarang juga Brutus “memajang” dirinya sendiri di jendela, sehingga siapapun pasti gemas melihat kucing lucu berwajah bulat itu.

Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”/Lesley Yarwood

Brutus bukanlah kucing liar. Ia memiliki rumah dan orangtua, Claire Owens. Tapi seperti yang dikatakan ‘ibu’nya, Brutus sangat senang bermain di supermarket Morrisons, seakan menjadi rumah kedua bagi Brutus. Tapi Brutus tak pernah lupa pulang, dan tentu kembali lagi ke supermarket esok hari. Sang ibu hanya berpesan agar Brutus tidak nakal dan rewel di tempatnya bermain, dan Brutus mematuhinya. Sehingga semua orang di supermarket sangat sayang pada Brutus.

Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”
Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”/Laura Cozens

Selama lebih dari 6 tahun, Brutus selalu datang ke supermarket, sampai suatu hari ia tidak muncul lagi. Tak hanya mereka yang bekerja di supermarket, tapi semua pengunjung menanyakan Brutus. Kucing baik hati itu sangat dirindukan. Namun rupanya penyakit kelainan ginjal yang ia derita sejak lahir telah membawa Brutus pergi selama-lamanya….

Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”/Annette Baskeyfield

Baik Claire maupun pihak supermarket menerima ribuan surat berkaitan kepergian Brutus. Semua orang sangat kehilangan sosok Brutus yang jenaka dan membahagiakan hati siapapun. Begitu banyak kenangan Brutus di supermarket yang tak mungkin terlupakan. Keberadaannya telah membuat supermarket Morrisons menjadi sangat istimewa, pengunjung pun menyatakan bahwa Brutus telah memberi mereka kebahagiaan tak tergantikan.

Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”/Deb Robertson

Sebagai wujud penghormatan dan rasa cinta pada Brutus, pihak supermarket Morrisons memajang foto Brutus di dinding, serta membuat patung Brutus agar rasa rindu pengunjung pada sosoknya sedikit terobati. Bahkan setelah 3 tahun sejak Brutus meninggal, sampai kini para pengunjung selalu menyapa patung Brutus setiap kali mereka datang. Dan selamanya, Brutus akan setia berada di supermarket yang ia cintai untuk menemani pengunjung di sana.

Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”/Sharon Edwards‎
Facebook.com/Brutus “The Morrisons Cat”