Bila tak ada Bailey, mungkin kebakaran yang terjadi di sebuah rumah di Guilford, Connecticut, akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Tidak hanya itu, nyawa Randy bisa saja tak tertolong.

Bailey adalah seekor anjing peliharaan Robert dan kakaknya, Randy. Di hari saat terjadi arus pendek di rumah mereka, tak seorang pun yang menyadari bahwa kebakaran hebat tengah mengancam. Hanya Bailey yang merasakan hal itu, dan Bailey langsung menggonggong di dekat pintu keluar. Robert yang berada di lantai dasar rumah, mendekati Bailey. Merasa Robert telah mengerti maksud dari gonggongannya, kemudian Bailey segera berlari ke atas, dimana Randy berada.

 

Ketika itu Robert mendengar Bailey menggonggong di depan pintu Randy dengan begitu panik. Gonggongannya sangat tak biasa. Bailey juga menggaruk-garuk pintu, hingga Randy keluar dari kamarnya yang terkunci. Rupanya sedari tadi Randy membersihkan kamar sambil mendengarkan musik sehingga tak menyadari bahaya tengah mengancamnya. Saat Randy membuka pintu, asap di lantai bawah telah menebal. Api mulai melahap rumah mereka dengan cepat.

Randy mengikuti Bailey berlari menuruni tangga, namun saat mendekati pintu keluar, tiba-tiba Bailey berbalik arah. Ia masuk ke dalam kandang dengan ketakutan, sementara api mulai berkobar besar. Robert berteriak agar mereka berdua segera keluar, tetapi sesaat Randy berada di luar rumah dan menyadari Bailey tak ikut bersamanya, ia kembali ke dalam rumah. Mencari Bailey yang tengah gemetar dalam kandangnya. Randy segera menarik dan menggendong Bailey, lalu berlari tergesa keluar rumah. Robert, Randy dan Bailey selamat tanpa luka yang berarti.

Insiden kebakaran tersebut nyaris menghabiskan seluruh rumah, Randy menggalang donasi guna perbaikan rumah mereka. Ia juga menyebutkan bahwa tanpa Bailey mungkin dirinya tak akan selamat, mungkin bila Bailey mengungkapkan perasaannya pun akan mengatakan hal serupa. Persahabatan telah menyelamatkan keduanya, saling tolong, saling menjaga dan saling mengasihi.