Tak seorang pun menghiraukan Bagel, anjing jenis chow berumur 13 tahun, yang kebingungan di sebuah trotoar kawasan Central Islip, New York. Kondisi Bagel yang dekil dengan bulu tak sepenuhnya tumbuh di kulit serta luka akibat infeksi, membuat banyak orang memilih untuk menjauh. Sampai wanita bernama Debbie Davidson melihatnya dari jendela mobil.

DEBBIE DAVIDSON

Dari kejauhan Debbie menyangka Bagel adalah anjing tersesat, karena khawatir Bagel akan menyeberang jalanan yang padat kendaraan, maka ia segera menepi lalu menghampirinya. Debbie langsung jatuh iba pada keadaan Bagel. Debbie adalah seorang pengacara yang menangani kasus hewan, maka tak ada yang terlintas di benaknya selain menolong Bagel ke penampungan. Namun Bagel enggan beranjak entah apa sebabnya. Debbie baru mengerti setelah seorang wanita lain menghampiri Bagel dan menyuruhnya pulang.

DEBBIE DAVIDSON

Rupanya Bagel ada pemiliknya. Tapi tak urung Debbie mempertanyakan kondisi kesehatan Bagel yang begitu memprihatinkan, sambil mengikuti si wanita yang menyatakan bahwa anjingnya baik-baik saja. Padahal kenyataan jauh berkata lain.

DEBBIE DAVIDSON

Hal mengejutkan dilihat Debbie ketika sampai di rumah wanita itu, ternyata ada seekor anjing german shepherd berumur sekitar 8-9 tahun dengan kondisi tak jauh berbeda dengan Bagel. Bahkan tampak displasia pada pinggulnya. Selain itu tampak pula seekor kucing berjalan dengan menyeret kaki belakangnya. Ternyata yang membuat Bagel menolak diajak pergi saat ditemukan Debbie, karena Bagel tak ingin meninggalkan kedua temannya, Chloe dan Toby-si kucing.

DEBBIE DAVIDSON
DEBBIE DAVIDSON

Setelah Debbie secara tegas menyatakan bahwa wanita tersebut bisa dituntut menelantarkan hewan peliharaan, si wanita pun berkilah bahwa hewan-hewan itu milik orang tuanya yang sudah meninggal dan tak ada yang mengurus. Akhirnya Debbie menghubungi penyelamat hewan Pets4Luv Foundation untuk menolong Bagel, Chloe dan Toby. Saat tim penyelamat datang, Bagel langsung mengibaskan ekor dengan mata berbinar bahagia. Ia sangat bersyukur tak hanya dirinya yang selamat, namun Chloe dan Toby.

TRACY MAZZARO

Hasil pemeriksaan atas ketiganya sangat memilukan, Bagel terkena infeksi telinga parah hingga kini ia tuli. Chloe mengalami pergeseran tulang pinggul serta menjalani operasi pengangkatan kulit mati, sementara Toby ternyata tak memiliki sambungan lutut sehingga membutuhkan operasi, juga untuk menyembuhkan ototnya yang sobek. Namun setidaknya mereka semua telah aman dan terlindungi.

BOBBI ANNE THOMAS

Pihak Pets4Luv Foundation menggencarkan pengumpulan dana pengobatan bagi ketiga sahabat yang kini dijuluki “The Islip Three”, untuk mengingat dari mana mereka berasal. Pengobatan mereka berjalan secara bertahap, namun cinta kasih pada mereka telah terlimpahkan sepenuhnya dari banyak donatur dan simpatisan. Apalagi kisah Bagel yang mampu menjadi cerminan sahabat sejati, meski pertolongan sudah ada di depan mata, ia tak mau meninggalkan sahabatnya.

BOBBI ANNE THOMAS