Istilah sahabat pena populer di masa lalu, dimana seseorang bisa memiliki seorang sahabat dan saling bercerita dengan media surat. Terkadang mereka belum pernah bertemu sama sekali. Tidak jauh berbeda dengan facebook di masa sekarang ya? Era digital membuat fungsi pena tidak seperti dahulu. Kini orang berkirim surat dengan cara mengetik melalui komputer, bahkan henpon, dan tidak perlu lagi menanti balasan terlampau lama seperti jaman berkirim surat dengan menggunakan prangko. Rupanya di dunia kucing, para kucing juga memiliki minat untuk mencari teman baru. Mungkin karena mereka kadang kesepian ya berada di dalam rumah terus. Kalau memiliki teman baru, pasti menyenangkan!

Tetapi era surat-menyurat konvensional sudah lewat, para kucing menyesuaikan diri secara digital melalui sub dari situs reddit.com, yakni “Pen Paws”. Intinya sih sahabat pena atau pen pal, tetapi berhubung kucing punya paw, makanya disebut pen paw. Para kucing bisa mencari teman di seluruh penjuru dunia dengan mengunggah foto dan profil diri. Contohnya, kucing bernama Autumn ini. Ia menulis bahwa dirinya tak terlalu suka berinteraksi secara langsung, maka ia memilih untuk mencari sahbat pena saja. Autumn berumur 4 tahun, tidak suka tidur menggunakan selimut, tapi ia suka sekali pizza dan main petak umpet di tangga. Nah, kalau ada kucing lain “membaca” profil Autumn dan merasa cocok, bisa langsung ngajak temenan dan mulai “surat-suratan” deh.

cat pen paws 2
Reddit/flyinhyphy

Demikian pula kucing bernama “D” asal Austin, Texas. Ia sengaja memilih pen paws untuk mencari teman, karena “D” tidak dapat melihat dengan baik setelah kehilangan sebelah bola matanya. Kehadiran kucing atau hewan lain malah kerap membuat “D” takut, maka dengan memiliki sahabat pena, “D” tidak perlu bertemu secara langsung tetapi tetap bisa menjalin persahabatan.

cat pen paws 2
Reddit/stillandst0rm

Pen paw juga memungkinkan persahabatan antar hewan. Misalnya kucing dan anjing, kelinci, burung atau apaaa saja. Namun jelas semua harus hewan peliharaan, kalau bukan kan repot beli kuota internet untuk online ya.. hehe. Lagi pula jaman digital memang menguntungkan bagi para hewan, kebayang kan kalau mereka masih menggunakan kertas sebagai media surat menyurat? Belum juga dibaca isinya, udah dimakan atau diacak-acak duluan :p Oh ya, meski terfasilitasi secara virtual tetapi para sahabat paw tetap saling berkirim kartu ucapan. Kalau kartu sih gak digigit-gigit, karena langsung dipajang oleh orangtua mereka. Waahh..senangnya ya punya sahabat 🙂

cat pen paws
Reddit/GreatandEminentSage