Tragedi terjadi beberapa bulan lalu di Crestview, Florida. Jacob Rex Langston melampiaskan kemarahan dengan menembak mantan dari sang pacar, Elbert Merrick III, yang kebetulan berkunjung ke rumahnya. Shanna McGrath, ibu Jacob, juga ditembak karena akan menelepon 911. Termasuk ayah tirinya, Kevin McGrath. Ketiganya ditemukan tewas akibat aksi kebrutalan Jacob.

Tak berhenti sampai di situ, Jacob juga memburu empat anjing yang dipelihara oleh Shanna dan Kevin. Seekor anjing jenis Tamaskan bernama Kya ikut tewas terkena peluru saat ia berusaha melindungi Shanna, sementara dua ekor anjing jenis yorkie, Tinkerbell dan Meeka berhasil keluar dari rumah. Lalu satu anjing lainnya, yaitu Jasmine, tetap memilih tinggal dan berusaha melindungi Shanna serta Kevin.

Jasmine adalah anjing Weimaraner berumur 10 tahun, ia berada tak jauh dari jasad pemiliknya ketika beberapa polisi datang. Saat itu tubuh Jasmine berlumuran darah, namun ia sempat mencoba memeluk pemiliknya saat akan dievakuasi. Seolah tak memikirkan dirinya sendiri, karena Jasmine terkena 5 peluru yang ditembakan Jacob padanya. 2 peluru menghantam rahang serta kaki depannya, dan 3 peluru menyerempet kepala Jasmine. Tetapi beberapa petugas yang kemudian menolong Jasmine menyatakan, saat dievakuasi Jasmine beberapa kali mengibaskan ekornya. Dia gembira pertolongan datang, meski ketika itu kondisinya kritis.

Jasmine with her feeding tube in the Emerald Coast Animal Hospital in Mary Esther, Fla. Photo provided by Schneider family.

Beberapa orang menyarankan agar Jasmine di’tidur’kan karena cedera yang ia derita membuat kondisi jantungnya tak stabil. Namun dokter James Brousse yang menangani Jasmine tak mau menyerah, apalagi ia melihat beberapa kali Jasmine mengibaskan ekor dan berusaha mengangkat kepalanya. Jasmine masih ingin hidup!

Jasmine under a prayer blanket sent to her while recuperating in the Schneider home.

Semangat yang dimiliki Jasmine membuat banyak orang terharu dan mendukungnya untuk terus berjuang, termasuk memberikan donasi bagi Jasmine. Termasuk keluarga Sherry Schneider yang tidak sekedar mengunjungi Jasmine secara rutin, namun juga menyiapkan rumah mereka untuk menjadi rumah baru bagi Jasmine nanti. Apapun keadaan Jasmine, Sherry dan suami serta anaknya akan tetap memeliharanya. Namun ternyata Jasmine memang seekor anjing pejuang, meski usianya terbilang lanjut namun Jasmine kini dapat berjalan dan berlari perlahan. Keluarga Sherry bahkan merayakan ulang tahun bagi Jasmine, meski mereka tak tahu kapan tepatnya Jasmine lahir. Namun Jasmine akan memiliki hidup baru dalam keluarga barunya kini.

Jasmine in the Schneider home. With Sherry, Mike and Torrie Schneider.

Bagaimana nasib ‘saudara’ Jasmine, Tinkerbell and Meeka? Saat tragedi terjadi dan mereka kabur dari rumah, sebuah penampungan menemukan dan kini mereka tinggal di sana. Sedangkan Jacob Rex Langston dijatuhi hukuman mati, belum termasuk dakwaan atas penganiayaan terhadap hewan.

Jasmine and the ever present towels and drool in the Schneider home.

 

  • Ardy Herlambang

    Luar biasa kesetiaannya!