Emily Gunnion adalah seorang relawan di Labradors in Need, sebuah organisasi penyelamat anjing labrador di Macclesfield, Inggris. Salah seekor anjing asuhannya bernama Rufus, yang dahulu ditemukan dalam keadaan terlantar dengan kondisi kaki patah. Setelah cukup pulih, Rufus tinggal bersama Emily untuk belajar beradaptasi dalam lingkungan keluarga, serta menghilangkan trauma dari kehidupannya selama ini di jalanan.

The dog alerted Betsy's mother Emily (pictured centre with Betsy and Rufus) who was sleeping in another room 
dailymail.co.uk

Di luar dugaan, Rufus begitu cepat nyaman dalam keluarga. Termasuk bersahabat dengan dua ekor anjing lainnya milik Emily. Menurut Emily, dari semua anjing yang pernah diasuhnya, hanya Rufus yang tampak menonjol. Terlebih hubungan rufus dengan Betsy, anak perempuan Emily berumur 21 bulan, yang langsung dianggap adik oleh Rufus. Anjing labrador hitam itu sangat menyayangi Betsy, bahkan tak pernah mau berjauhan. Rufus selalu menjaga Betsy.

Rescue dog Rufus saved 21-month-old Betsy Gunnion's  life after she began choking at home in Moss, Macclesfield
dailymail.co.uk

Saking dekatnya dengan Betsy, Rufus memilih tidur satu kamar dengan ‘adik’nya. Hingga di suatu malam yang mungkin akan menjadi malam terakhir bagi Betsy bila tak ada Rufus. Saat itu, dalam tidurnya Betsy tersedak dan sulit bernapas. Rufus yang selalu berada di sisinya terbangun, ia menggonggong. Emily yang tidur di kamar lain, sekilas mendengar gonggongan Rufus. Ketika ia membuka mata, Rufus sudah ada di hadapannya dan menarik tangan Emily menuju kamar Betsy. Berkat aksi Rufus yang begitu siaga, Betsy selamat!

Ms Gunnion said she woke up realising something was wrong and ran over to Betsy's bed in time to clear her throat 
dailymail.co.uk

Rasa terima kasih Emily pada Rufus tak ada habisnya. Namun tak lama setelah kejadian tersebut Rufus mendapat rumah dan keluarga baru. Meski berat hati atas kepergian Rufus, namun Emily dan Betsy merelakan Rufus untuk kehidupannya yang lebih baik. Dedikasi Rufus pada keluarga akan menjadi kebanggaan keluarga manapun yang memeliharanya. Sementara Emily, tetap pada tugasnya untuk membantu anjing labrador lain yang membutuhkan rumah asuh. Meski demikian, persahabatan Rufus dan Betsy akan selalu terjalin selamanya.

Toddler Betsy had been suffering from a stomach bug at the time of the incident 
dailymail.co.uk