Anjing golden retriever betina kelahiran 2008 bernama Ricochet ini dibesarkan dan dilatih oleh pemiliknya, Judy Fridono. Sedari kecil bakat Ricochet membangun ikatan emosional dengan manusia sudah sangat kentara, tak hanya itu kemampuan ia melakukan olahraga selancar juga luar biasa. Maka di usianya 1 tahun, Ricochet dengan berani melompat ke papan selancar demi menemani seorang anak tunadaksa, Patrick Ivison, berselancar.

Tidak hanya mengikuti kontes selancar anjing yang membuat Ricochet bahagia, namun juga menemani anak-anak berkebutuhan khusus di papan selancar. Bahkan para veteran perang yang mengawali trauma pun mampu menaklukkan ombak bersama Ricochet.
Judy sengaja membangun sebuah yayasan agar Ricochet mampu mengembangkan dirinya dalam menolong manusia, memberikan motivasi juga keberanian. Ricochet berkomunikasi dengan caranya sendiri, dimana manusia pun tak berkemampuan untuk melakukannya. 

Saluran televisi Nat Geo Wild’s pernah menayangkan betapa luar biasanya Ricochet berinteraksi dengan manusia dan membangun ikatan emosional melalui hobinya berselancar, dalam program “Is Your Dog A Genius”, dimana Dr. Brian Hare menyatakan Ricochet  memiliki empati sangat tinggi sehingga ia dapat memahami dan berbagi perasaan pada orang-orang yang ditolongnya. Bahkan dengan seorang autis sekalipun.

Hingga kini Ricochet tidak hanya menjadi anjing terapi bersertifikat, namun juga menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memiliki empati seperti yang dimiliki Ricochet agar dapat menolong orang lain.