Hampir semua penyayang kucing mengenal kucing satu ini lantaran gayanya yang super cool. Bahkan mereka yang tak suka kucing sekalipun, kerap melihat pose kucing asal Turki tersebut menjadi gambar di beragam meme kocak. Dia adalah Tombili, kucing liar di Istanbul, Turki, yang sangat terkenal dan fenomenal di dunia maya.

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-2

Tombili hidup bahagia di jalanan Turki, seperti kucing-kucing lain yang juga sangat sejahtera di sana. Wajahnya yang lucu, badannya yang bulat, dan gaya duduknya seolah boss memang menjadi daya tarik Tombili. Ia memang kerap duduk seperti itu, menopangkan kaki depannya di atas pijakan, seolah hidup tanpa persoalan. Namun di bulan Agustus lalu berita menyedihkan beredar di Turki, Tombili meninggal dunia…

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-14
ykpykseler

Tak disebutkan penyebab kematiannya, tapi membuat seluruh dunia berduka kehilangan Tombili. Terlebih di lokasi dimana Tombili sering duduk menghabiskan waktu dengan gaya khasnya. Sungguh, sangat sedih rasanya saat melewati lokasi tersebut dan tak ada Tombili lagi di sana…. Maka beberapa orang sengaja membuatkan patung sebagai penghargaan atas kehidupan Tombili yang sudah menceriakan banyak orang.

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-6
Anadolu Kedisi

Patung tersebut dibangun tepat di lokasi Tombili sering duduk, dibuat dengan gaya cool ala Tombili dan berukuran tak jauh berbeda dengan kucing lucu itu. Berbahan perunggu yang tak lapuk dimakan usia, seperti halnya kelucuan Tombili yang akan abadi selamanya.

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-9
Anadolu Kedisi

Patung Tombili diresmikan tanggal 4 Oktober bersamaan dengan Hari Hewan Sedunia. Meski Tombili telah tiada, tetapi siapapun dapat mengenangnya melalui patung tersebut. Bahkan beberapa kucing teman Tombili pun berdatangan untuk menyapanya. Tombili tetap hidup dalam hati siapapun yang menyayanginya.

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-3
Anadolu Kedisi

Selamat jalan Tombili, bahagia selalu….

laid-back-cat-statue-tombili-istanbul-4
ykpykseler