Ketika seorang pria bernama Naveen berangkat ziarah sepanjang pantai barat India dengan berjalan kaki, ia berencana untuk melakukan perjalanan sendiri. Tak sedikitpun terlintas seekor anjing kecil akan menemani langkahnya, tapi itulah yang terjadi.

12-29-16-dog-walks-over-350-miles-with-a-man-on-a-pilgrimage1
lifewithdogs.tv

Di hari kedua perjalanan, saat Naveen menempuh perjalanan dari kuil Mookambika di Kollur menuju Sabarimala Shrine di Pathanamthitta, India, empat kaki kecil mengikuti jejak pria berumur 38 tahun itu. Dia adalah Malu, seekor anjing liar yang entah dari mana datangnya. Naveen sempat menyuruh Malu untuk pergi, namun Malu ternyata hanya sekedar menjauh dan kembali mengikuti Naveen. Keesokan harinya, Malu malah berada 20 meter di depan Naveen seolah menunggunya. Malu juga ikut berhenti saat Naveen beristirahat, hingga akhirnya hati Naveen luluh dan memperbolehkan Malu berjalan bersamanya.

12-29-16-dog-walks-over-350-miles-with-a-man-on-a-pilgrimage2
lifewithdogs.tv

Kian hari ikatan persahabatan antara Malu dan Naveen semakin erat. Malu selalu siaga menjaga barang bawaan Naveen tanpa diminta, Malu juga yang membangunkan bila Naveen tertidur. Malu seakan “dikirim” untuk menjadi malaikat penjaga Naveen dalam perjalanan sucinya. Selama 17 hari perjalanan dengan menempuh jarak tak kurang dari 600 km, Malu tak pernah meninggalkan Naveen sesaat pun.

12-29-16-dog-walks-over-350-miles-with-a-man-on-a-pilgrimage2c

Setelah Naveen selesai berziarah, tibalah saatnya Naveen harus kembali ke kampung halamannya di Beypore, Kozhikode. Saat itu Naveen merasa bahwa ia tak ingin kehilangan Malu, maka Naveen membelikan satu tiket bis seharga 460 rupees untuk Malu. Mereka pun pulang bersama. Malu menghabiskan waktu di dalam bis dengan tertidur nyenyak. Ia baru terbangun ketika mereka sampai. Malu kini tak hanya memiliki Naveen, tetapi juga memiliki keluarga dan tempat tinggal untuk ia menetap selamanya.

12-29-16-dog-walks-over-350-miles-with-a-man-on-a-pilgrimage3
lifewithdogs.tv